GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

BAKTI SOSIAL RAMADHAN LPM LENTERA GKI PAMULANG DI WADASSARI PONDOK BETUNG TANGERANG

Tanggal Buat: Sat, 02 Jun 2018     Tanggal Sunting: Sat, 02 Jun 2018     oleh:

LPM Lentera GKI Pamulang bekerja sama dengan Isaqua Jabodetabek, Du Al’iman, PMII Universitas Pamulang, Lazisma, Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Mata Air, Iman dan BCA mengadakan Bakti Sosial Ramadhan 2018 dengan tema Memperkuat Kesalehan Ramadhan bertempat di Mushola Al Huda, Wadassari RT/RW 04/02, Pondok Betung, Tangerang pada Sabtu, 29 Mei 2018 lalu. Bakti sosial (baksos) terdiri dari beberapa kegiatan yaitu pengobatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan umum dan gigi, santunan kepada anak yatim dan dhuafa, cukur rambut gratis untuk pria dan potong rambut gratis untuk wanita, penyuluhan kesehatan, kuliah tujuh menit (kultum) serta buka puasa bersama.

Menurut Dr. Akhmad Shunhaji M.Pd.I. selaku panitia yang juga ketua ikatan alumni Madrasah Qudsiyah di Jabodetabek, kegiatan ini merupakan implementasi dari perintah Ramadhan yaitu meneladani sifat-sifat Allah dengan menahan diri lewat berpuasa, mencintai sesama manusia dengan saling menolong dan berbagi, serta bekerjasama dengan rekan-rekan lintas agama seperti Lentera untuk melakukan misi kemanusiaan berupa pelayanan pengobatan. Kegiatan baksos dengan Lentera sendiri sudah memasuki tahun yang ketujuh sehingga rekan-rekan muslim/muslimah disana sudah menganggap Lentera sebagai rekan sejawat yang setia.

Tercatat 179 pasien mendapatkan pelayanan pengobatan baik umum ataupun gigi, 40 orang pria mencukur rambut gratis dan 20 wanita memotong rambut, puluhan remaja dan dewasa mengikuti penyuluhan kesehatan tentang pencegahan Diabetes, serta santuan kepada 300 anak yatim dan dhuafa yang diberikan langsung dari rumah ke rumah.  Yang juga menarik di acara baksos ini adalah sambutan dari Pendeta Iswari Setyanti dari GKI Pamulang, penyerahan sumbangan sebesar Rp 20.000.000,- dari perwakilan BCA kepada panitia baksos disaksikan semua jamaah yang hadir, serta kultum dari KH Abbas Hurobby, PCNU Tangsel.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama antara rekan-rekan muslim/muslimah dan kristiani, dilanjutkan dengan berfotoria, setelah itu saling bersalam-salaman antara pria dengan pria, maupun pria dengan wanita tanpa merasa risih atau haram. Nah, bila kita saling memahami, menjaga, melindungi dan menerima perbedaan yang ada ternyata perbedaan itu indah bukan? Sama seperti pesan Tuhan kepada kita kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, mari kita hidup damai dengan semua orang.