GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

Sosialisasi Buku Pengetahuan Dasar Tanggap Bencana

Tanggal Buat: Thu, 08 Aug 2019     Tanggal Sunting: Thu, 08 Aug 2019     oleh:

“Bencana pada dasarnya adalah suatu fenomena perubahan alam semesta. Namun ada yang menganggap bahwa bencana adalah suatu ungkapan murka Tuhan atau sebagai bentuk kegagalan manusia dalam mengelola alam. Apapun teorinya, bencana tetap menjadi bagian yang integral dengan dinamika perubahan dan harmonitas semesta. Ia ada di dalam semesta serta dinamis bersama semesta. Eksistensi bencana merupakan suatu keniscayaan, ia tak dapat dipungkiri dan tak terhindarkan. Dunia sebagai bagian dari alam semesta, juga tak terhindarkan dari bencana.”

Demikianlah penggalan kata pengantar dari Buku Pengetahuan Dasar Tanggap Bencana terbitan terbaru BPMK GKI Klasis Jakarta II dan dibagikan pada pelaksanaan Persidangan XIX Majelis Klasis (PMK) GKI Klasis Jakarta II dengan tema Mewujudkan Integritas Iman Melalui Kasih Yang Tak Terbatas, pada Jumat-Minggu, 25-27 Juli 2019 lalu, bertempat di Ole! Suites, Darmawan Park, Sentul.

Buku ini berukuran compact (15 x 21 cm), terdiri atas 45 halaman, seluruh halaman berwarna (full colour) dengan bahan dasar art paper berjilid spiral, yang membuat tampilannya cukup menarik dan mudah dibawa kemana-mana. Selain informasi kebencanaan, buku ini disertai dengan foto-foto kegiatan Kelompok Kerja Bencana Klasis Jakarta II (Pokja Bencana Kajadu) saat mengadakan workshop dan simulasi serta kegiatan respon bencana di Bantul, Lombok, Pandeglang dan sebagainya. Tim penyusun buku terdiri dari Oembardito, Lina Nababan serta Komisi Kespel dan Oikmas GKI Klasis Jakarta II.

Ketua Bidang Kespel GKI Klasis Jakarta II, Pnt Oembardito, menyatakan tujuan dibuatnya buku ini selain untuk sosialisasi kebencanaan juga untuk memotivasi Jemaat (khusunya yang ada di Klasis Jakarta II) agar mulai membentuk tim yang terdiri atas orang-orang yang berkapasitas dalam aksi pengurangan risiko bencana (mitigasi) dan berkemampuan merespon secara tepat dan cepat ketika bencana terjadi. Buku ini disusun sesuai kerangka sistematis yang dimulai dari perlunya kesiapsiagaan menghadapi bencana (berisi dasar-dasar Kebencanaan seperti dinyatakan dalam Undang-undang penanggulangan bencana), pemahaman siklus manajemen bencana, kegiatan penanggulangan bencana dan Basic Life Support.

Pengurus BPMK GKI Klasis Jakarta II seperti Pdt. Woro Indyas Tobing dan Pdt. Thomas K. Kartomo serta peserta PMK XIX memberikan respon positif terhadap kehadiran buku ini. Semoga dari yang kecil dan sederhana, buku ini dapat menjadi inspirasi serta berkat bagi seluruh Jemaat di wilayah Klasis Jakarta II dan sekitarnya, agar gereja sebagai tempat berkumpulnya massa lebih proaktif serta selalu siaga dalam menghadapi bencana.

Soli Deo Gloria!