GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Kembali

HUBUNGAN DALAM GERAKAN OIKUMENIS DI WILAYAH (TERMASUK MELALUI PGIW)

Periode: 10 September 2015 s/d 9 September 2019
Acuan pada Misi

Misi No. 2 : Mewujudkan dan meningkatkan persekutuan orang-orang percaya yang kohesif.

Misi No. 4 : Memperjuangkan perwujudan keesaan gereja dan persaudaraan umat manusia.

Misi No. 7 : Mengembangkan sumber daya manusia yang memadai bagi kepemimpinan gereja dan aktivis pelayanan gereja pada umumnya dengan memerhatikan kemandirian teologi dan kesetaraan gender.

 

 

 

 

Acuan pada Arahan Umum

2.a) : Tindakan-tindakan untuk mewujudkan dan meningkatkan persekutuan orang-orang percaya tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, usia, suku bangsa, bahasa, budaya, kebangsaan, status pernikahan, dan status sosial ekonomi harus dilakukan dengan meningkatkan praktik-praktik yang sesuai dengan semangat itu dan menjauhi praktik-praktik yang bertentangan dengannya.

2.b) : Tindakan-tindakan di atas akan lebih efisien dan efektif jika para pemimpinnya juga mencerminkan semangat persekutuan tersebut dalam perkataan maupun perbuatan.

2.d) : Tindakan-tindakan di atas dilaksanakan berdasarkan pada kesetaraan umat Allah dan kesatuan dalam kepelbagaian  anggota-anggota tubuh Kristus.

2.e) : Dalam forum-forum formal maupun informal perlu dikurangi kesempatan-kesempatan yang dapat mendorong terjadinya pengelompokan-pengelompokan eksklusif menurut suku bangsa, bahasa, budaya, dsb.

2.f) : Persekutuan yang anggota-anggotanya hidup dalam kasih persaudaraan yang akrab dan hangat sebagai tubuh Kristus tidak dapat terwujud dengan sendirinya. Kesadaran mengenai hal tersebut perlu dibangkitkan dan dipelihara, antara lain melalui khotbah, pemahaman Alkitab, kebaktian, persekutuan doa, diskusi dan ceramah.

4.a) : Pelaksanaan perwujudan keesaan gereja dan persaudaraan umat manusia dilakukan oleh semua anggota GKI SW Jawa Tengah melalui peran serta aktif dalam gerakan oikumene, dialog antar iman dan gerakan-gerakan kemanusiaan.

4.b) : Meneruskan dukungan dan kerjasama oikumenis dengan lembaga-lembaga mitra DN / LN, serta berpartisipasi aktif dalam lembaga tersebut.

7.a) : Menyusun strategi besar (grand strategy) untuk mendapatkan kader-kader pemimpin (penatua, pendeta, aktivis) GKI SW Jateng mendatang, dapat diadakan program-program pengaderan / latihan kepemimpinan, mulai dari kelompok usia remaja hingga dewasa, dengan memerhatikan kesetaraan gender, termasuk memfasilitasi remaja dan pemuda  yang tertarik untuk studi teologi melalui upaya-upaya khusus. 

Latar Belakang/Dasar Kebutuhan

Dalam menjalin hubungan oikumenis selain lingkup GKI, maka GKI SW Jateng perlu melibatkan diri dalam wadah oikumenis yang telah terbina selama ini, serta mengembangkan keterlibatan dalam oikumene lainnya sebagai wujud kebersamaan dengan gereja-gereja lainnya.

Tujuan

GKI SW Jateng dapat menjalin dengan lebih baik perihal oikumene yakni dalam wadah oikumene yang telah terbina selama ini.

Indikator Pencapaian Tujuan

Berkembangnya hubungan baik GKI SW Jateng dengan gereja-gereja lainnya dalam konteks oikumene.

Sasaran / Target Audiens

Wadah oikumene dimana GKI SW Jateng terlibat selama ini, diantaranya lewat PGIW Jateng.

Adanya keterlibatan GKI SW Jateng dalam oikumene lainnya.

Bentuk Program / Kegiatan

GKI SW Jateng terlibat aktif dalam mengelola oikumene ini, diantaranya mengirim utusan GKI SW Jateng dalam kepengurusan.

Langkah-langkah yang akan dilakukan
  1. Mengirim utusan GKI SW Jateng dalam oikumene tersebut.
  2. Berperanserta aktif dalam mengembangkan oikumene tersebut.
Tempat

Menyesuaikan.  

Waktu

2016-2019

Penanggung Jawab

BPMSW GKI SW Jateng (melalui utusan).

Agenda

Galeri