GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Kembali

KERJASAMA EKUMENIS DENGAN SINODE GKJ

Periode: 10 September 2015 s/d 9 September 2019
Acuan pada Misi

Misi No. 2 :   Mewujudkan dan mneingkatkan persekutuan orang-orang percaya yang kohesif.

Misi No. 3 :   Mengembangkan kesaksian dan pelayanan di tengah masyarakat.

Misi No. 4  :  Memperjuangankan perwujudan keesaan gereja dan persaudaraan umat manusia.

Misi No. 7 :   Mengembangkan sumber daya manusia yang memadai bagi kepemimpinan  gereja dan aktivis pelayanan gereja pada umumnya dengan memperhatikan kemandirian teologi dan kesetaraan gender.

Misi No. 6 :   Meningkatkan pertumbuhan anggota dan pertumbuhan jemaat.

Acuan pada Arahan Umum

3.a :   Pelaksanaan Kes-Pel dalam masyarakat seperti tersebut di atas harus diwujudkan dalam kehidupan, baik secara pribadi maupun bersama-sama, dan dapat dilakukan dengan berdialog dan melibatkan diri dalam kegiatan masyarakat yang relevan, dan bila perlu dengan mendirikan lembaga khusus.

3.b :   Anggota GKI SW Jateng dipanggil untuk mewartakan Kabar Baik atau mengabarkan Injil melalui perkataan dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.

3.c :   GKI SW Jateng perlu memiliki jaringan dengan denominasi dan agama lain, untuk melaksanakan program-program pembangunan masyarakat (community development) dan advokasi masyarakat, juga untuk ikut mempengaruhi kebijakan public dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hokum dan keadilan, kesehatan, seni dan budaya, serta ekologi.

3.d :   Memperkuat dukungan kepada LSM mitra (misal Gerakan Kemanusiaan Indonesia, Derap Kemanusiaan dan Perdamaian, P3H, Yakkum, LPPP Sinode GKJ - Salatiga, LPP Sinode GKJ & GKI SW Jateng), untuk mewujudkan program-program Kespel yang lebih luas.

3.h :   Mendorong GKI untuk ikut serta memajukan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang termajinalkan.

Latar Belakang/Dasar Kebutuhan

Perlunya meningkatkan pelayanan lembaga kerjasama dan melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Tujuan
  1. Pembaruan AD/ ART lembaga-lembaga tersebut sesuai ketentuan perundang-undangan.
  2. Perbaikan kinerja atau outcomes lembaga-lembaga tersebut melalui peran serta wakil-wakil GKI SW Jateng di lembaga-lembaga tersebut.
  3. Pendokumentasian dan penyelamatan aset-aset serta pembaruan/pemutakhiran dokumen-dokumen pertanahan.
Indikator Pencapaian Tujuan
  1. Kesepakatan bersama terjadi pada saat PSB.
  2. pemutakhiran AD/ART.
  3. perbaikan kinerja.
  4. pemutakhiran dokumen-dokumen pertanahan.
Sasaran / Target Audiens

LPPP Sinode GKJ (sebelumnya bernama LP3K Sinode GKJ & GKI SW Jateng), YSGK Solo, YPK Sinode GKJ dan GKI SW Jateng Magelang, Komisi Beasiswa GKJ & GKI SW Jateng, Yakkum.

Bentuk Program / Kegiatan
  1. Meninjau dan mengkaji dokumen-dokumen kerjasama, anggaran dasar (AD), anggaran rumah tangga (ART), dokumen-dokumen pertanahan, kesepakatan kesepahaman (Memorandum of Understanding), risalah-risalah, dan sebagainya.
  2. Melakukan rapat-rapat koordinasi dengan lembaga-lembaga kerjasama tersebut.
  3. Bersama-sama dengan pengurus lembaga-lembaga tersebut menginisiasi peningkatan kinerja/outcomes lembaga-lembaga tersebut sesuai visi misi lembaga-lembaga tersebut.
  4. Secara khusus mendorong keterlibatan lembaga yang memiliki kapasitas spesifik untuk meningkatkan kapasitas gereja dalam merespon masalah sosial kemasyarakatan.
  5. Mengutus 2 (dua) utusan untuk menghadiri PSB Sinode GKJ dan GKI SW Jateng setiap tahunnya.
Langkah-langkah yang akan dilakukan

Koordinasi, penciptaan kesepakatan, dan pelaksanaan kesepakatan.

Tempat
Waktu
Penanggung Jawab

Tim DKP

Catatan :

Realisasi pembiayaan program kerja ini tidak diambil dari dana BPMSW GKI SW Jateng, tetapi diambil dari dana yang terkumpul atas penggalangan dana kepedulian dan persembahan PPK GKI SW Jateng di periode sebelumnya dan yang dimungkinkan penggalangan periode sekarang - yang dikelola oleh DKP atas koordinasi bersama BPMSW GKI SW Jateng.

Agenda

Galeri