GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Kembali

PANITIA PELAKSANA (PENYELENGGARA) PERSIDANGAN MAJELIS SINODE (PMS) GKI TAHUN 2017

Periode: 10 September 2015 s/d 9 September 2019
Acuan pada Misi

Misi No. 2 : Mewujudkan dan meningkatkan persekutuan orang-orang percaya yang kohesif.

Misi No. 4 : Memperjuangkan perwujudan keesaan gereja dan persaudaraan umat manusia.

Misi No. 5 : Meningkatkan Kecintaan Anggota Jemaat terhadap GKI Sebagai Tubuh Kristus

Misi No. 6 : Meningkatkan pertumbuhan anggota dan pertumbuhan jemaat.

Misi No. 7 : Mengembangkan sumber daya manusia yang memadai bagi kepemimpinan gereja dan aktivis pelayanan gereja pada umumnya dengan memerhatikan kemandirian teologi dan kesetaraan gender.

Acuan pada Arahan Umum

2.a) : Tindakan-tindakan untuk mewujudkan dan meningkatkan persekutuan orang-orang percaya tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, usia, suku bangsa, bahasa, budaya, kebangsaan, status pernikahan, dan status sosial ekonomi harus dilakukan dengan meningkatkan praktik-praktik yang sesuai dengan semangat itu dan menjauhi praktik-praktik yang bertentangan dengannya.

2.b) : Tindakan-tindakan di atas akan lebih efisien dan efektif jika para pemimpinnya juga mencerminkan semangat persekutuan tersebut dalam perkataan maupun perbuatan.

2.d) : Tindakan-tindakan di atas dilaksanakan berdasarkan pada kesetaraan umat Allah dan kesatuan dalam kepelbagaian  anggota-anggota tubuh Kristus.

2.e) : Dalam forum-forum formal maupun informal perlu dikurangi kesempatan-kesempatan yang dapat mendorong terjadinya pengelompokan-pengelompokan eksklusif menurut suku bangsa, bahasa, budaya, dsb.

2.f) : Persekutuan yang anggota-anggotanya hidup dalam kasih persaudaraan yang akrab dan hangat sebagai tubuh Kristus tidak dapat terwujud dengan sendirinya. Kesadaran mengenai hal tersebut perlu dibangkitkan dan dipelihara, antara lain melalui khotbah, pemahaman Alkitab, kebaktian, persekutuan doa, diskusi dan ceramah.

4.a) : Pelaksanaan perwujudan keesaan gereja dan persaudaraan umat manusia dilakukan oleh semua anggota GKI SW Jawa Tengah melalui peran serta aktif dalam gerakan oikumene, dialog antar iman dan gerakan-gerakan kemanusiaan.

4.b) : Meneruskan dukungan dan kerjasama oikumenis dengan lembaga-lembaga mitra DN / LN, serta berpartisipasi aktif dalam lembaga tersebut.

5.1) : Terus menerus membangkitkan kesadaran anggota akan hakekat keberadaan GKI dengan semua kelebihan dan kekurangannya sambil terus meningkatkan kinerja GKI.

5.3) : Menginformasikan dan mengkomunikasikan aktivitas-aktivitas serta pencapaian-pencapaian yang dilakukan oleh GKI melalui media komunikasi internal dan media massa sehingga anggota jemaat memiliki kebanggaan terhadap GKI dan pada akhirnya memiliki perasaan ketermilikan (sense of belonging) terhadap GKI.

6.c) : Kesadaran anggota akan hakikat keberadaan GKI dengan semua kelebihan dan kekurangannya, harus terus-menerus dibangkitkan, sambil meningkatkan kinerja GKI SW Jateng.

6.e) : Melaksanakan strategi-strategi pembangunan jemaat dengan memanfaatkan peluang jemaat-jemaat GKI SW Jateng  yang terbuka, berwawasan kebangsaan, multi etnik, dan kemandirian teologi yang terus berkembang, dengan memerhatikan konteks-konteks lokal.

6.i) : Mengurangi potensi berkurangya anggota jemaat berusia muda dengan penjemaatan Tata Gereja, Visi dan Misi, ajaran GKI, Nilai-nilai / Budaya GKI, sebagai upaya meningkatkan kecintaan kepada GKI.

7.a) : Menyusun strategi besar (grand strategy) untuk mendapatkan kader-kader pemimpin (penatua, pendeta, aktivis) GKI SW Jawa Tengah mendatang, dapat diadakan program-program pengaderan / latihan kepemimpinan, mulai dari kelompok usia remaja hingga dewasa, dengan memerhatikan kesetaraan gender, termasuk memfasilitasi remaja dan pemuda  yang tertarik untuk studi teologi melalui upaya-upaya khusus. 

Latar Belakang/Dasar Kebutuhan

PMS GKI diselenggarakan dalam upaya sarana pengambilan keputusan melalui diskusi &dialog bersama BPMS GKI dan MSW GKI SW (Jabar, Jateng, Jatim)  melalui utusan yang telah ditunjuk melalui PMSW-PMSW yang telah diselenggarakan sebelumnya. Pada tahun 2017, sesuai urutan, maka BPMSW GKI SW Jateng menjadi Panitia Pelaksana.

Tujuan

BPMSW GKI SW Jateng (melalui Panitia Pelaksana) yang dibentuk, dapat menjadi Panitia Pelaksana PMS GKI dengan baik.

Indikator Pencapaian Tujuan

PMS GKI tahun 2017 dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. 

Sasaran / Target Audiens

Pelaksanaan PMS GKI Tahun 2017.

Bentuk Program / Kegiatan

Melaksanakan PMS GKI Tahun 2017

Langkah-langkah yang akan dilakukan
  1. Menghubungi Klasis (BPMK) dan salahsatu Jemaat untuk dapat membantu BPMSW GKI SW Jateng sebagai Panitia Pelaksana.
  2. BPMSW GKI SW Jateng (melalui wakilnya) berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana PMS GKI dalam persiapan-pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan persidangan.
Tempat

Wisma Sejahtera, Magelang

Waktu

Diperkirakan di bulan November tahun di 2017 (tanggal pasti akan berkoordinasi dengan BPMS GKI).

Penanggung Jawab

BPMSW GKI SW Jateng bersama Panitia Pelaksana yang akan dibentuk.

Agenda

Galeri