GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Kembali

PENGEMBANGAN EKONOMI JEMAAT

Periode: 10 September 2015 s/d 9 September 2019
Acuan pada Misi

Misi No. 7. : Mengembangkan sumber daya manusia yang memadai bagi kepemimpinan gereja dan aktivis pelayan gereja.

Acuan pada Arahan Umum

2.4. Penataan Sumber-sumber.
Sumber-sumber yang dimaksudkan adalah : anggota, penatua, pendeta, simpatisan, waktu, uang dan harta milik.

2.4.7. Penataan waktu, uang dan harta milik juga diperlukan. Dasar penentunya adalah prioritas dan lama nya suatu aspek misi perlu dilakukan. Prioritas aspek misi ditentukan berdasarkan keseriusan, kemendesakan, luas cakupan dan pertumbuhan dari masalah yang akan diselesaikan. Hal ini kan dilakukan / di perbaiki melalui :

a. Pengembangan cara-cara baru upaya penggalangan dana melalui ( penggalangan dana non-konvensional).

Latar Belakang/Dasar Kebutuhan

Gereja (konteks GKI di lingkup SW Jateng) dalam pengelolaan kehidupan bergereja seiring berjalannya waktu terus dituntut untuk lebih berkembang menghadapi tantangan kehidupan berjemaat yang dari waktu ke waktu semakin sukar, termasuk dalam hal ini kehidupan berjemaat di bidang ekonomi jemaat.

Dalam konteks ekonomi jemaat, keberadaan gereja sangat diharapkan dalam memberikan wawasan dan inovasi bagi terbukanya peluang-peluang pemberdayaan ekonomi jemaat sehingga ekonomi jemaat dapat berkembang dan lebih baik.

Harapan apabila ekonomi jemaat dapat diberdayakan, maka sedikit banyak akan membawa dampak positif bagi kehidupan dan pelayanan didalam bergereja. Berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi jemaat, gereja perlu memikirkan dan action untuk memberikan wadah pemberdayaan ekonomi jemaat.

Disadari akan hal ini, maka Departemen Penatalayanan BPMSW GKI SW Jateng berusaha memikirkan dan mengajak bersama-sama untuk membuat wadah pemberdayaan ekonomi jemaat.

Tujuan

Jemaat-jemaat GKI lingkup SW Jateng bertambah wawasan dan disegarkan kembali akan pemberdayaan ekonomi jemaat sebagai bagian dari tugas kesaksian dan pelayanan gereja.

Jemaat-jemaat GKI lingkup SW Jateng memahami pentingnya pembuatan wadah guna pemberdayaan ekonomi jemaat.

Indikator Pencapaian Tujuan

Terbentuknya wadah pemberdayaan ekonomi jemaat dimana bisa di lingkup jemaat lokal dan atau klasis dan atau sinode wilayah.

Sasaran / Target Audiens

Jemaat-Jemaat GKI, Klasis dan GKI SW Jateng.

Bentuk Program / Kegiatan
  1. Pertemuan dengan jemaat dan klasis.
  2. Membentuk Tim Wadah Pemberdayaan Ekonomi Jemaat.
  3. Membentuk Wadah Pemberdayaan Ekonomi Jemaat yang sah dan legal.
Langkah-langkah yang akan dilakukan
  1. Mengadakan sharing pertemuan dengan jemaat dan klasis yang membahas mengenai pemberdayaan ekonomi jemaat dan gagasan-sumbangsaran untuk pembuatan wadah ekonomi jemaat yang sesuai dengan karakteristik dan budaya jemaat GKI.
  2. Membentuk tim yang beranggotakan unsur jemaat, klasis dan sinode wilayah untuk merumuskan, menyusun, merekomendasi pembentukan wadah pemberdayaan ekonomi jemaat.
  3. Selanjutnya Departemen Penatalayanan BPMSW GKI SW Jateng bersama tim berupaya membentuk wadah pemberdayaan ekonomi jemaat yang sah dan legal.
Tempat

Menyesuaikan.

Waktu

Tahun 2016 – 2019

Penanggung Jawab

Ibu. Sulistiawati Subekti

Agenda

Galeri