GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Kembali

PENYUSUNAN PROFIL GKI SW JATENG BERBASIS PROFIL/PURJ JEMAAT DAN KLASIS

Periode: 10 September 2015 s/d 9 September 2019
Acuan pada Misi

Misi No. 5 : Meningkatkan kecintaan anggota jemaat terhadap GKI sebagai Tubuh Kristus.

Misi No.6 : Meningkatkan pertumbuhan anggota dan pertumbuhan jemaat.

Acuan pada Arahan Umum

5.1 : Terus-menerus membangkitkan kesadaran anggota akan hakikat keberadaan GKI dengan semua kelebihan dan kekurangannya sambil terus meningkatkan kinerja GKI.

5.2 : Menginformasikan dan mengkomunikasikan aktivitas-aktivitas serta pencapaian-pencapaian yang dilakukan oleh GKI melalui media komunikasi internal dan media massa sehingga anggota jemaat memiliki perasaan ketermilikan (sense of belonging) terhadap GKI.

5.3 : Pertumbuhan kedewasaan anggota GKI SW Jateng merupakan dasar pelaksanaan keseluruhan misi. Misi ini membutuhkan akuntabilitas atau tanggung jawab semua anggota GKI.

6.b : Pelaksanaan peningkatan pertumbuhan dan pertambahan anggota harus dilakukan secara terencana, misalnya melalui pemilihan sarana dan tempat kebaktian yang strategis dan nyaman, khotbah yang baik dan menarik, puji-pujian yang dinyanyikan dengan benar, serta kegiatan-kegiatan pembinaan yang bervariasi dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan anggota jemaat.

6.c : Kesadaran anggota akan hakikat keberadaan GKI dengan semua kelebihan dan kekurangannya, harus terus-menerus dibangkitkan, sambil meningkatkan kinerja GKI SW Jateng.

6.d : Memprogramkan kegiatan dalam kelompok-kelompok kecil yang hangat, terpadu, dan terarah serta dalam wilayah, misalnya melalui komunitas basis.

6.e Melaksanakan strategi-strategi pembangunan jemaat dengan memanfaatkan peluang jemaat-jemaat GKI SW Jateng yang terbuka, berwawasan kebangsaaan, multi etnik, dan kemandirian teologi yang terus berkembang, dengan memperhatikan konteks-konteks lokal.

6.i : Mengurangi potensi berkurangnya anggota jemaat berusia muda dengan penjemaatan Tata Gereja, Visi dan Misi, ajaran GKI, Nilai-nilai/ budaya GKI, sebagai upaya meningkatkan kecintaan kepada GKI.

6.k : Mensosialisasikan konsep Pembangunan Jemaat, yang masih relatif baru dan belum dikenal oleh pemimpin jemaat. Departemen Pembangunan Jemaat perlu menyusun materi pembinaan dan mereferensikan narasumber untuk pembinaan Pembangunan Jemaat yang akan dilaksanakan oleh klasis.

7.a : Menyusun strategi besar (grand strategy) untuk mendapatkan kader-kader pemimpin (Penatua, Pendeta, Aktivis) GKI SW Jateng mendatang, dapat diadakan program-program pengaderan dan / atau latihan kepemimpinan, mulai dari kelompok usia remaja hingga dewasa, dengan memperhatikan kesetaraan gender, termasuk memfasilitasi remaja dan pemuda yang tertarik untuk studi teologi melalui upaya-upaya khusus.

7.d : Meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan Jemaat dan kespel melalui Komisi Dewasa atau wadah lain, sehingga peran kaum perempuan GKI SW Jateng dapat berkembang lebih besar.

Latar Belakang/Dasar Kebutuhan
  1. GKI  SW Jateng perlu memiliki data base yang lengkap yang akan digunakan sebagai dasar informasi untuk pembangunan jemaat.
  2. GKI SW Jateng belum memiliki profil jemaat, klasis, dan sinode wilayah yang berisi data base secara lengkap dan relevan
Tujuan

GKI SW Jateng memiliki profil jemaat lengkap yang berisi database jemaat, klasis, sinode wilayah.

Indikator Pencapaian Tujuan
  1. Tersedianya bahan PURJ.
  2. Terselenggaranya PURJ.
  3. Terkumpulnya kompilasi data PURJ di Klasis dan Sinode Wilayah.
  4. Dimilikinya buku profil jemaat GKI SW Jateng untuk dijadikan bahan pengembangan lebih lanjut.
Sasaran / Target Audiens

Jemaat GKI SW Jateng.

Bentuk Program / Kegiatan
  1. Penyusunan Buku Profil Jemaat GKI  SW Jateng (2015).
  2. Pengembangan Design Sistem Informasi.
  3. Pengembangan Lanjutan Profil Jemaat GKI SW Jateng (2016).
 

 

Langkah-langkah yang akan dilakukan
  1. Pengumpulan data PURJ.
  2. Kompilasi data Klasis.
  3. Kompilasi data Sinode Wilayah.
  4. Penyusunan draft buku profil jemaat.
  5. Pembahasan draft buku profil di D. LitBang.
  6. Sosialisasi draft buku profil jemaat ke Jemaat dan Klasis.
  7. Pengesahan buku profil Jemaat.
  8. Penerbitan buku profil jemaat. 
  9. Pengiriman buku profil jemaat ke Klasis-Klasis dan Jemaat-Jemaat. 
Tempat

LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng, Jogjakarta.

Waktu

Maret - November 2019.

Penanggung Jawab

Pnt. Hilman Sunarja, Pnt. Armein Z. R. Langi, Pnt. Sri Murni Setyowati  

Agenda

Galeri