GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

Saling Mengingatkan untuk Setia Sampai Akhir

Terpublikasi Thu, 05 Sep 2019   

oleh:

Kejadian 6 : 1-6; 1 Timotius 1 : 1-11

Selamat hari Kamis.

Pergaulan bisa berpengaruh baik jika kelompok di mana kita bergaul baik, dan sebaliknya jika kelompok di mana kita berkumpul buruk, buruk pulalah prilaku kita. Itulah yang terjadi ketika anak-anak Allah; orang yang taat dan setia kepada Tuhan, bergaul dengan anak perempuan manusia yang cantik. Akibat dari pergaulan itu, Kejadian 6:5-6 (TB)  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. Ini adalah bahasa personifikasi yang dikenakan kepada Allah. Allah sedih dengan kenyataan anak-anak-Nya tak mampu menjaga dirinya dan berlaku jahat.

Jika melihat dunia kita saat ini, apakah demikian pula kesedihan Allah?
Dengan sedih harus dikatakan "ya", bahkan seringkali tidak ada beda prilaku orang-orang beriman dengan yang lain. Paulus sangat mengasihi orang-orang percaya. Bahkan secara khusus dia meminta Timotius untuk tinggal di Efesus; 1 Timotius 1:3-5 (TB)  Ketika aku hendak meneruskan perjalananku ke wilayah Makedonia, aku telah mendesak engkau supaya engkau tinggal di Efesus dan menasihatkan orang-orang tertentu, agar mereka jangan mengajarkan ajaran lain ataupun sibuk dengan dongeng dan silsilah yang tiada putus-putusnya, yang hanya menghasilkan persoalan belaka, dan bukan tertib hidup keselamatan yang diberikan Allah dalam iman. Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas. Sebagaimana dijelaskan Paulus, nasehat itu dia katakan dengan ketulusan supaya orang-orang Kristen Efesus setia sampai akhir dan menerima mahkota kehidupan.

Adakah kita saling mengingatkan satu dengan yang lain, supaya kita setia sampai akhir dan menerima janji bagi mereka yang setia: mahkota kehidupan.

Doa:
Supaya tetap setia kepada Tuhan sampai akhir dan menjadi persekutuan yang saling mengingatkan.
Untuk BPMSW GKI SW Jawa Tengah tahun pelayanan 2019-2023 yang hari ini dilantik.