GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (MPL PGI) 2017

Tanggal Buat: Thu, 02 Feb 2017     Tanggal Sunting: Thu, 02 Feb 2017     oleh:
Kategori: Sinode
GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah" Sidang MPL PGI di tahun ini diadakan pada tanggal 27 - 31 Januari 2017 bertempat ...

Sidang MPL PGI di tahun ini diadakan pada tanggal 27 - 31 Januari 2017 bertempat di Agrowisata Salib Putih, Salatiga. 
Tema yang diangkat pada Sidang MPL PGI tahun ini adalah : "Tuhan Mengangkat Kita Dari Samudra Raya" dengan bacaan terambil dari "Mazmur 71:20b", dengan sub tema : dan sub tema: Dalam Solidaritas dengan Sesama Anak Bangsa Kita Tetap Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme, dan Kerusakan Lingkungan.

Sebagai Panitia Pelaksana Sidang MPL PGI tahun ini yakni Sinode-sinode Gereja anggota PGI yang berada di Jawa Tengah dengan menunjuk Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) sebagai koordinator. 
Hal ini didasarkan dari salah satu keputusan Sidang MPL PGI pada tanggal 22-26 Januari 2016 di Parapat, Sumatera Utara.
GKI Sinode WIlayah Jawa Tengah merupakan salah satu Sinode Gereja anggota PGI yang menjadi Panitia Pelaksana Sidang MPL PGI 2017 (bersama 6 Sinode Gereja anggota PGI lainnya).

Bersumber dari situs PGI - Pembukaan Sidang MPL PGI pada hari Jumat, 27 Januari 2017 di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah.
Sidang secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI Lukman Syaifuddin, pembukaan sidang ditandai dengan pemukulan gong oleh Lukman Syaifuddin, didampingi Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette Hutabarat-Lebang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.
Pembukaan sidang ini diawali dengan ibadah. 
Guna lebih jelas dan referensi : http://pgi.or.id/pembukaan-sidang-mpl-pgi-2017/

Salah satu keputusan dalam Sidang MPL PGI ini adalah Dr. Agustin Teras Narang, SH, MH dari Gereja Kalimantan Evangelis (GKE),terpilih menjadi pengganti antar waktu Ketua MPH-PGI periode 2014-2019 menggantikan Pdt. Semual Budi Prasetya dari Gereja Isa Almasih (GIA) yang meninggal dunia tahun lalu. Begitu juga Pdt. Prof. Dr. John Titaley dari Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) terpilih sebagai pengganti antar waktu Sekretaris Majelis Pertimbangan (MP) PGI periode 2014-2019 menggantikan Pdt. Abraham L. Hutasoit dari Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) yang juga meninggal tahun lalu.
Guna lebih jelas dan referensi : http://pgi.or.id/dr-agustin-teras-narang-pdt-prof-dr-john-titaley-terpilih-sebagai-ketua-pgi-dan-sekretaris-mp-pgi/

Dengan adanya Sidang MPL PGI ini, diharapkan persekutuan gereja-gereja di Indonesia dapat lebih menyelaraskan kesatuan dan  menjalin kerjasama yang lebih erat dalam melayani Tuhan, menjadi pemersatu, pencipta dan senantiasa menjaga kedamaian, serta dapat menjadi saluran berkat untuk umat gereja-gereja di Indonesia pada khususnya dan untuk warga serta bangsa Indonesia pada umumnya untuk lebih mewujudkan Bhineka Tunggal Ika.