GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

PEMBINAAN GURU SEKOLAH MINGGU DI GKI PAMULANG TANGSEL

Tanggal Buat: Wed, 02 May 2018     Tanggal Sunting: Wed, 02 May 2018     oleh:

Majelis Bidang Pembinaan Jemaat GKI Pamulang bekerjasama dengan Badan Pelayanan Binawarga GKI SW Jabar mengadakan Bina Guru Sekolah Minggu (GSM) yang berlangsung selama tiga minggu berturut-turut pada 14, 21, 28 April 2018 lalu. Pembinaan dibagi dalam dua kelas berbeda yaitu kelas guru senior dan kelas calon guru yang diikuti oleh 40 peserta. Tujuan pembinaan untuk memperlengkapi para GSM dalam panggilannya untuk menumbuhkan pengetahuan dasar tentang Allah dan keselamatan dalam Yesus Kristus kepada anak-anak, mengarahkan perilaku hidup yang benar dengan cara pengajaran yang lebih kreatif, tidak dominan serta menjadikan anak sebagai pelaku utama. Sedangkan untuk calon guru membekali mereka dengan pengenalan akan pelayanan anak serta keterampilan mengajar yang diperlukan.

Materi untuk kelas guru senior terdiri atas pengenalan dan penangan anak berkebutuhan khusus, penafsiran naratif dan aplikasinya dalam persiapan guru, pengenalan warna spiritual pribadi dan tiga warna spiritual Schwarz. Untuk masing-masing topik diakhiri dengan workshop yang memungkinkan guru untuk mempraktekkannya langsung didalam kelompok. Sedangkan materi untuk kelas calon guru adalah perkembangan iman anak, membangun spiritualitas GSM, tehnik bercerita, aktivitas kreatif, visi dan panggilan GSM, menjadi sahabat anak serta penguasaan kelas. Para pembicara terdiri atas hamba Tuhan yang kompeten dan ahli di bidangnya seperti Pdt Melani M.Pd, (Direktur Binawarga), Pdt Yerusa Maria M.Pd. (GKI Sarua), Pdt Eric Egne MM, MBA (GKP Seroja), Pdt Essy Eisen (GKI Halimun) dan Ibu Esther (GKI Kepa Duri).

Di akhir acara salah seorang peserta mengungkapkan syukurnya atas pembinaan yang diadakan dengan Binawarga karena sudah lebih dari tiga tahun tidak ada pembinaan seperti ini. Sedangkan seorang peserta lain dengan perasaan haru mengungkapkan pengalamannya sebagai GSM serta pengenalan akan tipe gaya spiritual mengingatkannya bahwa dia membutuh GSM lain untuk bertumbuh, sebaliknya GSM lain membutuhkan dirinya untuk bertumbuh. Semoga lewat rangkaian pembinaan ini semua pembina anak di GKI Pamulang bukan hanya diperbaharui dalam pengetahuan, pemahaman dan ketrampilannya tetapi juga komitmennya di dalam melayani anak-anak yang Tuhan titipkan kepada mereka di kelas-kelas sekolah minggu. Tuhan memberkati pelayanan kita.