GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me

Semiloka Kebangsaan : Bincang Bhinneka

Tanggal Buat: Thu, 15 Jun 2017     Tanggal Sunting: Thu, 15 Jun 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan
GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah" Akhir-akhir ini situasi Indonesia sangat memperhatinkan, ketegangan antar kelompok identitas di negeri ini meningkat. Banyak ...

Akhir-akhir ini situasi Indonesia sangat memperhatinkan, ketegangan antar kelompok identitas di negeri ini meningkat. Banyak pihak tersembunyi yang disinyalir haus akan kekuasaan ekonomi dan politik memainkan politik identitas demi kepentingan mereka dan akhirnya yang menjadi korban adalah semua warga Indonesia. Melihat dan memperhatikan situasi tersebut diatas, maka BPMSW GKI SW Jateng melalui Departemen Pembangunan Gereja (DPG) menyelenggarakan : Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Kebangsaan dengan tema : "Ke-Bhinneka-an" yang terbagi menjadi dua penyelenggaraan :
1. Wilayah Utara : hari Senin, 12 Juni 2017 di Wisma Sejahtera, Magelang (Wilayah Utara : Klasis Magelang, Klasis Semarang Timur, Klasis Semarang Barat dan Klasis Purwokerto, beberapa undangan dan terkait lainnya). Acara di wilayah ini diikuti 55 orang peserta. 

dan; 
2. Wilayah Selatan : hari Selasa, 13 Juni 2017 di GKI Gejayan, Yogyakarta (wilayah Selatan : Klasis Yogya, Klasis Solo, Klasis Jakarta 1 dan Klasis Jakarta 2, beberapa undangan dan terkait lainnya). Acara wilayah Selatan diikuti 80 orang peserta.

Bincang Bhinneka ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran umum keadaan Indonesia masa kini, mendorong peserta menyadari perannya di tengah kondisi bangsa, dan mendorong peserta mengerjakan aksi nyata membangun persaudaraan lintas iman di wilayahnya terutama untuk Jemaat GKI lingkup Sinode Wilayah Jateng agar senantiasa dapat menerima dan menghargai bahwa di Indonesia ini memiliki banyak perbedaan budaya, agama dan suku yang perlu kita jaga dan ditingkatkan keharmonisannya.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, marilah kita bersama-sama menjaga nilai-nilai dasar Pancasila dan saling menumbuhkan rasa Toleransi, saling menghormati apa yang menjadi perbedaan lingkungan masyarakat sekitar kita untuk menciptakan kehidupan yang damai dan tentram.