GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Daftar Berita berdasar kategori Pembinaan

Semiloka Kebangsaan : Bincang Bhinneka

Tanggal Buat: Fri, 16 Jun 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan

Akhir-akhir ini situasi Indonesia sangat memperhatinkan, ketegangan antar kelompok identitas di negeri ini meningkat. Banyak pihak tersembunyi yang disinyalir haus akan kekuasaan ekonomi dan politik memainkan politik identitas demi kepentingan mereka dan akhirnya yang menjadi korban adalah semua warga Indonesia. Melihat dan memperhatikan situasi tersebut diatas, maka BPMSW GKI SW Jateng melalui Departemen Pembangunan Gereja (DPG) menyelenggarakan : Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Kebangsaan dengan tema : "Ke-Bhinneka-an" yang terbagi menjadi dua penyelenggaraan :
1. Wilayah Utara : hari Senin, 12 Juni 2017 di Wisma Sejahtera, Magelang (Wilayah Utara : Klasis Magelang, Klasis Semarang Timur, Klasis Semarang Barat dan Klasis Purwokerto, beberapa undangan dan terkait lainnya). Acara di wilayah ini diikuti 55 orang peserta. 

dan; 
2. Wilayah Selatan : hari Selasa, 13 Juni 2017 di GKI Gejayan, Yogyakarta (wilayah Selatan : Klasis Yogya, Klasis Solo, Klasis Jakarta 1 dan Klasis Jakarta 2, beberapa undangan dan terkait lainnya). Acara wilayah Selatan diikuti 80 orang peserta.

Bincang Bhinneka ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran umum keadaan Indonesia masa kini, mendorong peserta menyadari perannya di tengah kondisi bangsa, dan mendorong peserta mengerjakan aksi nyata membangun persaudaraan lintas iman di wilayahnya terutama untuk Jemaat GKI lingkup Sinode Wilayah Jateng agar senantiasa dapat menerima dan menghargai bahwa di Indonesia ini memiliki banyak perbedaan budaya, agama dan suku yang perlu kita jaga dan ditingkatkan keharmonisannya.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, marilah kita bersama-sama menjaga nilai-nilai dasar Pancasila dan saling menumbuhkan rasa Toleransi, saling menghormati apa yang menjadi perbedaan lingkungan masyarakat sekitar kita untuk menciptakan kehidupan yang damai dan tentram.

Semiloka Perceraian Dan Pernikahan Kembali

Tanggal Buat: Tue, 06 Jun 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan

Dalam rangka menyegarkan kembali pemahaman umat sekaligus membarui hasil studi tentang Perceraian dan Pernikahan Kembali dan dalam ranah yang berbeda, termasuk pemahaman teologi terhadap perceraian makin berkembang, maka Departemen Penelitian dan Pengembangan/ DPP BPMSW GKI SW Jateng melaksanakan : Semiloka Perceraian dan Pernikahan Kembali pada hari Senin-Selasa tanggal 29-30 Mei 2017 bertempat di Wisma Sejahtera, Magelang. Acara yang diselenggarakan 2 hari ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari para peserta yang mengikuti acara tersebut, jumlah peserta ada  76 orang peserta dari 41 Jemaat dan 3 BPMK GKI lingkup GKI SW Jateng. Narasumber acara ini terdiri dari para pakar dibidang Biblika, Psikologi, Teologi, dan hukum yakni :

1. Pnt. Hengky Christian, M. Th 
2. Ibu Valerine S.Si (Teol.)
3. Ibu Janna Liliana
4. Bapak Siswanto
5. Pdt. Dr. Yusak Tridarmanto
6. Pdt. Purboyo W. Susilaradeya
7. Pnt. Dr. Pramudya S.H., M.Hum

Melalui acara Semiloka Perceraian dan pernikahan Kembali ini, para peserta diharapkan dapat :
 
1. Memahami kondisi pergumulan perceraian dan pernikahan kemmbali.
2. Memiliki pemahaman yang lebih dari sudut "Biblika, psikologi, dan hukum terkait persoalan perceraian dan pernikahan kembali.
3. Mengembangkan model-model pendampingan bagi anggota jemaat yang akan melangsungkan pernikahan, perceraian dan/atau 
    pernikahan kembali.

Semoga materi yang didapat dalam acara ini dapat membantu para pelayan Tuhan dalam melayani Jemaat di masing-masing basis pelayanannya.
Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Temu Karya Pendeta Muda GKI lingkup Sinode Wilayah Jawa Tengah : 2-3 Mei 2017 di Wisma Sejahtera, Magelang

Tanggal Buat: Tue, 09 May 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan

Kegiatan Temu Karya Pendeta Muda GKI SW Jateng dilatar belakangi bahwa dalam masa awal pelayanan (5 tahun ke bawah) kerap muncul berbagai persoalan yang khas. Salah satunya adalah pergumulan yang terkait dengan idealisme. Idealisme yang berkembang saat studi ternyata kerap berbenturan dengan realita, dan pergumulan lain seperti kerinduan untuk mengembangkan diri. Dari sudut pandang tersebut dan juga untuk membekali para pendeta muda dalam berkarya, maka BPMSW GKI SW Jateng melalui Komisi Kependetaan Sinode Wilayah/ KKSW GKI SW Jateng Divisi Pendeta - Departemen Pembinaan Pejabat Gerejawi/ DPPG  melaksanakan acara Temu Karya Pendeta Muda (beserta pasangan : suami/istri) yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 2-3 Mei 2017 bertempat di Wisma Sejahtera, Magelang.

Adapun materi yang disampaikan dalam acara Temu karya Pendeta Muda ini terdiri dari 7 sesi yakni :
1. Sesi 1: "Sharing Menjadi Keluarga Pendeta", Narasumber Pdt. Benaya Agus Dwihartanta (Ketua DPPG BPMSW GKI SW Jateng - Pendeta GKI dengan Basis Pelayanan Jemaat GKI Wongsodirjan, Yogyakarta) beserta istri, Ibu Megawati.

2. Sesi 2: "Menegaskan Panggilan", Narasumber Pdt. Em. Darsono Eko Nugroho (Pendeta yang diperbantukan di LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng) dan Pdt. Murtini Hehanussa (Pendeta GKJ dengan basis pelayanan LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng).

3. Sesi 3: "Menjadi Pendeta Profesional", Narasumber : Pdt. Yahya Wijaya (Pendeta Tugas Khusus Sinode Wilayah GKI SW Jateng di Fakultas Teologi UKDW, Yogyakarta).

4. Sesi 4: "Gereja dan Tantangan - Internal dan Eksternal", Narasumber Pdt. Addi Soselia Patriabara (Pendeta Tugas Khusus Sinode Wilayah GKI SW Jateng Basis Pelayanan LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng) dan Pdt. Hadyan Tanwikara (Ketua KKSW GKI SW Jateng Divisi Pendeta / Pendeta GKI Basis Pelayanan Jemaat GKI Ngupasan, Yogyakarta).

5. Sesi 5: "Pengembangan Diri", Narasumber Ibu Erni Kusuma.

6. Sesi 6: "Pasutri Pendeta Yang Saling Mendukung", Narasumber Pdt. Wisnu Saptonugroho (Pendeta Tugas Khusus Sinode Wilayah GKI SW Jateng  dengan Basis Pelayanan LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng) beserta istri, Ibu Sri Aryani Kristianingsih.

7. Sesi 7: "Mengelola Keuangan Keluarga", Narasumber Bapak Bambang Purnomo Hediono (Dosen Fakultas Ekonomi UKDW Yogyakarta).

8. Sesi Evaluasi Acara yang dibawakan oleh Pdt. Pelangi Kurnia Putri (Pendeta GKI Basis Pelayanan Jemaat GKI Klaten / Sekretaris DPPG BPMSW GKI SW Jateng).

Dengan adanya Temu Karya Pendeta Muda ini diharapkan para peserta yakni pendeta muda dan keluarga dapat memiliki pengetahuan dan bekal guna menjalankan tugas pelayanan di Jemaat dan rumah tangganya, serta antara anggota keluarga pendeta dapat saling mendukung untuk melaksanakan pelayanan di masing-masing Jemaat tempat para pendeta muda melayani.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Binari - Pembinaan Sehari Kolektan

Tanggal Buat: Tue, 25 Apr 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan

Pengumpulan persembahan atau kolekte selalu ada dalam liturgi. Namun dalam pelaksanaannya seringkali belum mendapatkan perhatian yang serius. Orang-orang yang menjadi kolektan terkadang kurang memahami secara makna kolekte dan kolektan, baik secara teologis maupun liturgis. Dilatar belakangi hal tersebut diatas maka Lembaga Pembinaan dan Pengkadera(LPP) Sinode GKJ dan GKI mengadakan acara "Binari - Pembinaan Sehari Kolektan" yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 April 2017 di Aula LPP Sinode GKJ dan GKI SW jateng. Tujuan dari acara Binari ini adalah :

1. Para pelayan kolekta (kolektan) mempunyai pemahaman yang memadai tentang kolekta, baik secara teologis dan liturgis.

2. Agar pelayanan kolektan dapat dikelola dengan baik dan serius.

3. Peserta dapat membagikan ilmu yang diperoleh kepada para petugas kolekte di Gereja atau Jemaatnya masing-masing.

Bina - Pembinaan Sehari Kolektan ini dihadiri oleh 69 orang peserta yang terdiri dari 54 orang peserta dari Gereja Kristen Jawa/ GKJ dan 16 orang peserta dari Gereja Kristen Indonesia/ GKI. Semoga dengan adanya Binari ini, para peserta dapat lebih bisa memaknai arti dari seorang Kolektan, sehingga Jemaat masing-masing dapat mempersiapkan kolektan yang memadai didalam setiap ibadah yang dilaksanakan.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama

 

Ikutilah Acara Pembinaan "Binari Penyambut Jemaat"

Tanggal Buat: Tue, 25 Apr 2017     oleh:
Kategori: Pembinaan

Ibadah umat adalah sebuah wadah perjumpaan antara Allah dan Umat, perjumpaan itu perlu dipersiapkan oleh segenap pelayan ibadah dengan baik agar ibadah itu berlangsung teratur dan hikmat), dengan latar belakang tersebut diatas maka Lembaga Pembinaan dan Pengkaderan GKJ dan GKI SW Jateng kembali menyelenggarakan Pembinaan dengan bertajuk "Binari Penyambut Jemaat'" dengan tujuan agar Pesrta terdorong untuk lebih memahami dan menghayati tugasnya dalam ibadah di gereja/ Jemaatnya masing-masing. Acara pembinaan Binari Penyambut Jemaat ini akan dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal : Sabtu, 6 Mei 2017

Tempat : Aula LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng

Kontribusi : Rp 175.000,-/ orang

Acara tersebut dibuka bagi Para Pendeta, Penatua, diaken, Aktifis Komisi, dan Anggota gereja. Untuk keterangan lebih lengkap dapat melihat Brosur yang terlampir di berita ini, dan bagi jemaat yang berminat mengikuti acara ini dapat menghubungi kontak yang tertera pada Brosur.