GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Daftar Berita berdasar kategori Pelayanan

Koordinasi dan Penguatan KesPel Klasis & Jemaat

Tanggal Buat: Mon, 20 May 2019     oleh:
Kategori: Pelayanan

Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, pada hari Jumat - Sabtu tanggal 17 - 18 Mei 2019 bertempat di Wisma Sejahtera Magelang Departemen Kesaksian dan Pelayanan/ DKP BPMSW GKI SW Jateng boleh melaksnakan acara "Koordinasi dan Penguatan KesPel Klasis & Jemaat" dengan lancar dan baik tanpa halangan apapun. Acara ini diikuti oleh 61 peserta yang terdiri dari 49 peserta dari 22 jemaat dari 5 Klasis GKI SW Jateng, 4 peserta dari 2 Klasis GKI SW Jateng, 4 utusan DKP BPMSW GKI SW Jateng. dan 4 Narasumber dari Jakarta dan Yogyakarta. 

Pelaksanaan Koordinasi dan Penguatan Kespel Klasis dan Jemaat ini bertujuan untuk mengembangkan kesaksian dan pelayanan di tengah masyarakat melalui perkataan dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tindakan untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan memperkuat dukungan kepada LSM mitra (misal Gerakan Kemanuisaan Indonesia/ GKI, Derap Kemanusian dan Perdamaian, P3H Yakkum, LP3K, dan LPP Sinode GKJ dan GKI), atau melakukan secara mandiri untuk mewujudkan program-program Kespel lingkup Jemaat dan Klasis.
Dalam pengembangan kesaksian dan pelayanan juga perlu melakukan pendidikan politik agar jemaat tidak buta dan alergi politik sehingga terasing dari masyarakat yang dilayani, dan menjadi komunitas tertutup. Pendidikan politik ini dilakukan juga untuk meningkatkan peran serta Jemaat dalam pengembangan demokrasi dan penguatan peran masyarakat sipil di Indonesia. Dari tujuan tersebutlah, Koordinasi dan Penguatan Kespel Klasis dan Jemaat ini memberikan materi tentang Kebencanaan, Sekolah, Lingkungan Hidup, Media Sosial, Lintas Denominasi/ Iman, Sharing Relawan kebencanaan.

Semoga dengan adanya acara ini, Kesaksian dan Pelayanan Klasis dan Jemaat dapat semakin menampakkan diri dengan melakukan tindakan-tindakan yang semakin nyata di tengah-tengah masyarakat, lingkungan, dan dapat menjadi saluran berkat, serta dapat menghadirkan kerajaan Allah di bumi.

Tuhan memeberkati pelayanan kita bersama.

Lowongan Pekerjaan UKSW, Salatiga | 29 Mei 2019

Tanggal Buat: Fri, 29 Mar 2019     oleh:
Kategori: Pelayanan

Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana/ UKSW Salatiga membuka Lowongan pekerjaan untuk Tenaga :

1. Tenaga Pendidik (Dosen) UKSW, Salatiga.
2. PTenaga Pendidik (Non Dosen) UKSW, Salatiga.

Bagi Jemaat yang berminat untuk mendaftar dipersilahkan untuk menghubungi kontak yang tertera di lampiran surat berita berikut ini. Lamaran Paling lambat diterima tanggal 30 Juni 2019. Semoga bermanfaat. 

Tuhan memberkati setiap langkah kita.

GERAKAN KEMANUSIAAN INDONESIA MENGAJAR

Tanggal Buat: Wed, 23 Jan 2019     oleh:
Kategori: Pelayanan

Gerakan Kemanusiaan Indonesia dalam kesaksian dan pelayanan bagi kepedulian di Palu, melanjutkan dengan kesaksian dan pelayanan untuk kepedulian pendidikan di Palu yang mulai pada tanggal 13 - 27 Januari 2019. Bersama-sama dalam satu kesatuan Tim Gerakan Kemanusiaan Indonesia baik dari SW Jabar, SW Jatim, SW Jatim maka aksi kepedulian ini terus diupayakan dengan harapan dapat sedikit banyak membantu masyarakat di Jonooge, Jono jindi dan Dombu dalam upaya tindaklanjut kepedulian pasca musibah bencana tsunami.
Adapun utusan Gerakan Kemanusiaan Indonesia dari unsur Departemen Kesaksian dan Pelayanan bersama Komisi Pendidikan yakni : 

- Pdt. Em. Wibisono Siswanto. 
- Bp. Sutedjo Tee.
- Sdr. Anderson Adrian W. 
- Sdr. Oded Luinokas 
- Sdr. Manuel Orlando 
- Sdri. Sandra Ruthia M.
- Pdt. Rahmat Paska Rajagukguk

Keterbatasan lahan sarana pendidikan di Jonojindi merupakan salah satu wujud keprihatinan. Dalam wujud responsif, maka diupayakan dibangun Kelas Sementara (Klastara) untuk ruang kelas.
Adapun dalam perkembangan hunian sementara diperlukan bangunan 4 x 6 meter untuk ruang kelas dikarenakan jumlah siswa yang tidak banyak.

ODA (Orang DAlam)

Momen kisah yang mengharuskan sekaligus mengingatkan betapa berharganya pendidikan yakni semangat murid dari Orang Dalam (ODA), Mereka, berjumlah 7 anak, dijuliki "ODA" oleh teman-teman mereka, ODA menjelaskan identitas sebagai suku asli Palu. Mereka tinggal terpisah dari masyarakat dan memilih tinggal di hutan atau gunung. Relawan guru, GKI MENGAJAR, berkisah pengalaman mencapai tempat tinggal mereka. Perjalanan dari sekolah ke kampung ditempuh selama 1 jam lebih dgn jalan menanjak. Kalau hujan bisa lebih lama lagi.
Setiap hari mereka bersemangat pergi ke sekolah. Berangkat dengan pakaian seadanya, peralatan sekolah dan baju dimasukkan ke box kontainer (hadiah dari donatur) agar tidak basah. Tiba di sekolah, mereka berganti pakaian seragam sekolah. Mengikuti semua kegiatan sekolah dengan semangat. Sayangnya, kadang mereka tidak mendapatkan upah dari semangat tsb karena guru yg tidak hadir. Juga tersisih dari teman-teman mereka yg sering menjuluki "ODA". Kendala ini tidak membuat semangat mereka surut untuk bersekolah. Harta yang sangat berharga bagi mereka adalah baju seragam, alat sekolah dan bersekolah. Bahkan beras atau titipan ortu akan mereka biarkan kena hujan, asal jangan baju seragam dan alat sekolah.
Perjalanan panjang dan perjuangan yang pantang menyerah untuk memperoleh pengetahuan. Hingga saat ini tim relawan masih terus berkarya dan berupaya membantu untuk membantu pembuatan klastara sementara bagi ruang kelas di sana dan terus membantu masyarakat serta guru dan sekolah di daerah Jonooge, Jono Jindi dan dombu.

Kiranya karya dan upaya ini dapat sedikit banyak menolong masyarakat di sana.

Tuhan memberkati.

Informasi Lowongan Pekerjaan Yayasan UKSW, Salatiga

Tanggal Buat: Thu, 18 Oct 2018     oleh:
Kategori: Pelayanan

Universitas Kristen Satya Wacana/ UKSW, Salatiga membuka beberapa Lowongan. Untuk Majelis Jemaat GKI lingkup SW Jateng yang membutuhkan informasi lebih lengkap dan berminat, mohon untuk dapat melihat di website GKI SW Jateng (https://www.gkiswjateng.org/news/detil/informasi-lowongan-pekerjaan-yayasan-uksw-salatiga).

Terimakasih. Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Aksi Gerakan Kemanusiaan Indonesia Bagi Warga Terdampak Bencana Kekeringan Temanggung, Jawa Tengah

Tanggal Buat: Sat, 18 Aug 2018     oleh:
Kategori: Pelayanan

Pada tahun 2018 ini beberapa bagian / wilayah Indonesia dilanda bencana alam, tak terkecuali beberapa lokasi di Pulau Jawa yakni salah satunya adalah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang sedang mengalami bencana alam kekeringan dikarenakan kondisi cuaca dan iklim. 
Debit air di beberapa titik daerah/lokasi di Temanggung mengalami penyusutan yang signifikan yang menyebabkan pasokan air bersih berkurang drastis untuk mencukupi kebutuhan hidup warga setempat. Bencana kekeringan di atas juga dimungkinkan dirasakan beberapa waktu ke depan dalam kondisi cuaca dan iklim saat ini.

Merespon bencana kekeringan seperti tersebut di atas, maka dilakukan kepedulian bersama seluruh lapisan masyarakat, dan salah satunya kepedulian bersama dari GKI Temanggung bersama beberapa elemen masyarakat Temanggung serta Departemen Kesaksian dan Pelayanan BPMSW GKI SW Jateng untuk membantu Saudara-saudara kita yang terkena dampak kekeringan beberapa lokasi di Temanggung. Aksi kepedulian ini dalam bentuk pengiriman air bersih yang disalurkan ke Dusun Gerdu, Desa Tlogopucang, Kandangan,  Temangung. Sebanyak 12 tangki air bersih siap disalurkan ke beberapa desa yang terkena kekeringan di Temanggung. 

Terima kasih untuk kebersamaan Tim Tanggap Bencana GKI Temanggung yang bersama-sama dengan beberapa elemen masyarakat Temanggung membantu pendistribusian air bersih.

Mari bersama-sama kobarkan terus semangat kesaksian dan pelayanan Tuhan untuk sesama yang membutuhkan, serta ciptakan dan kobarkan semangat kerukunan antar sesama.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.