GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Daftar Berita berdasar kategori Sinode

Sosialisasi Politik Pendidikan Kristen

Tanggal Buat: Tue, 26 Mar 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Puji syukur boleh kita panjatkan kepada Tuhan pemilik semesta alam yang telah memberkati dan memberikan kesempatan kepada kita semua untuk menikmati berkat sepanjang hari, terutama pada para pengurus Departemen Kesaksian dan Pelayanan/ DKP BPMSW GKI SW Jateng bersama Komisi Pendidikan boleh mengadakan acara "SOSIALISASI POLITIK PENDIDIKAN KRISTEN" pada hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019 bertempat di Wisma Sejahtera Magelang. acara yang dihadiri oleh para Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen dan Kepala Sekolah - Sekolah Kristen dibawah naungan BPMSW GKI SW Jateng ini menghadirkan Narasumber dari LP3S, Salatiga yakni Bapak Dr. Bambang Suteng Sulasmono yang merupakan Ketua dari LP3S, Salatiga dan merupakan salah satu Tim yang menyusun Buku Politik Pendidikan Kristen.
Acara ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana untuk menyatukan cara pandang bersama mengenai keberadaan Pendidikan Kristen beserta dinamikanya, dengan tujuan agar Yayasan Pendidikan Kristen bersama elemen sekolah-sekolah Kristen dapat mengkonsolidasikan gerak langkah berbagai pihak guna memajukan pendidikan kristen, khususnya dilingkungan Sinode GKI SW jateng. 

Semoga dengan adanya Sosialisasi Politik Pendidikan Kristen ini, sekolah-sekolah Kristen dapat mengembangkan pendidikan 
Kristen menjadi lebih luas, lebih baik, dan lebih maju lagi untuk menciptakan generasi yang lebih unggul lagi.

Tuhan memberkati.
 

Pembukaan Seleksi Calon Kader Pendeta GKI Tahun Ajaran 2019

Tanggal Buat: Tue, 26 Mar 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Dalam rangka rekruitmen calon mahasiswa teologi GKI, maka akan diadakan Seleksi Calon Mahasiswa Teologi GKI untuk tahun ajaran 2019/2020. Seleksi ini diperuntukkan bagi anggota jemaat GKI yang terpanggil menjadi pelayan Tuhan (kader pendeta GKI) dan berminat untuk menempuh studi Teologi di program S1 Ilmu Teologi dan S2 Ilmu Teologi Kependetaan di sekolah-sekolah berikut :

  • Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta (STFT Jakarta)
  • Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta (Fak.Teologi UKDW)
  • Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang

Serta bagi peserta dengan latar belakang S1 non Teologi dan terpanggil untuk mengikuti rekrutmen kader calon pendeta GKI tahun ajaran 2019/2020, untuk menempuh studi Teologi program S2 Ilmu Kependetaan di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.
Seleksi untuk tahun ajaran 2019/2020 akan diadakan dalam 2 gelombang :

  1. 24 - 26 Januari 2019, bertempat di GKI Gunung Sahari, Jakarta.
  2. 14-16 Mei 2019, bertempat di Wisma Sejahtera, Magelang.

Bagi calon peserta yang berminat untuk masuk mengikuti seleksi ini diharapkan segera menghubungi Pendeta / Majelis Jemaat untuk melakukan percakapan dan mendapatkan surat rekomendasi Majelis Jemaat untuk mengikuti seleksi calon kader GKI. Tanpa surat rekomendasi dari Majelis Jemaat, peserta tidak dapat mengikuti Seleksi Calon Mahasiswa Teologi GKI (kader GKI).
Surat rekomendasi ditujukan ke Sekretariat Seleksi Calon Mahasiswa Teologi Tahun 2019, yaitu:

  1. Gelombang 1, kepada Divisi Rekrutmen KKSW GKI SW Jabar, Kantor Sinode GKI SW Jabar, Jl. Tanjug Duren Raya No. 4 Blok E lt.4, Tanjung Duren, Jakarta Barat dan melalui email ke : kkswgkijabar@gmail.com.
  2. Gelombang 2, kepada Divisi Kader KKSW GKI SW Jateng, Kantor KKSW GKI SW Jateng, Jl. Samirono Baru No. 77, Yogyakarta 55281 dan melalui email ke kkswgkiswjateng.div1@gmail.com

Adapun syarat-syarat pendaftaran seleksi calon kader pendeta GKI

  1. Anggota penuh GKI (Sidi), sekurang-kurangnya 1 tahun, terhitung mulai 1 Januari 2017. Dalam hal kasus khusus dan calon belum satu tahun sidi seperti yang kami syaratkan, maka kami meminta penjelasan khusus dari Pendeta Jemaat tentang kesiapan calon mengikuti pendidikan Teologi dan pemahaman calon tentang ajaran GKI.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh di Kantor Gereja.
  3. Menyerahkan fotokopi piagam Sidi/Baptis Dewasa.
  4. Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.
  5. Memiliki surat rekomendasi dari Majelis Jemaat.
  6. Usia maksimum calon peserta pada saat seleksi adalah 30 tahun (program S1 Kependetaan) atau 35 tahun (program S2 Kependetaan).
  7. Pendidikan terakhir untuk S1 Teologi : SMA atau SMK.
  8. Pendidikan terakhir untuk S2 Teologi: S1 Umum/Non Teologi.
  9. Menyertakan 4 (empat) lembar pasfoto terbaru ukuran 4 x 6.
  10. Menyertakan rapor kelas 3 SMA/SMK sejak semester 1 bagi yang menempuh ujian SMU/SMK atau ijazah dan NEM bagi SMA/SMK lulusan tahun-tahun sebelumnya.
  11. Menyertakan ijazah terakhir dan transkrip nilai bagi lulusan S1 non teologi.
  12. Membawa alat tulis lengkap.
  13. Membawa obat-obat pribadi.
  14. Mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk materi Pengetahuan Umum, Pengetahuan Alkitab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
  15. Bersedia membayar biaya seleksi sebesar Rp.300.000,- (15.1 Untuk gelombang pertama ke KKSW GKI SW Jabar setelah mendapatkan informasi dari KKSW GKI SW Jabar melalui surat., 15.2 Untuk gelombang kedua ke KKSW GKI SW Jateng melalui transfer ke rekening). Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi KKSW GKI SW Jabar atau KKSW GKI SW Jateng.
  16. Informasi dari KKSW GKI SW Jabar melalui surat.
  17. Apabila calon lulus seleksi, calon bersedia mengeluarkan biaya lain sesuai prosedur dan ketentuan di sekolah yang dituju.
  18. Mengirimkan berkas lamaran selambat-lambatnya tanggal 18 Januari 2019 bagi yang mengikuti seleksi di Jakarta, dan 8 Mei 2019 bagi yang mengikuti seleksi di Magelang.
  19. Setiap peserta hanya dapat mengikuti seleksi sebanyak 1 (satu) kali setiap tahunnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi

KKSW GKI SW Jabar:

  • Pdt. Sthira Budhi P                   Hp : 0811.911-1523
  • Bpk. Benny H                           HP : 0858.3166.4593/021.566.6961

KKSW GKI SW Jateng:

  • Ibu Sri Aryanti Kristianingsih    HP: 08156539195
  • Pdt Ayub Sekti                          HP: 087838888566
  • Ibu Rosmi Eprafas                    HP: 0812268877

KKSW GKI SW Jatim

- Pdt. Yudi Lewier                                 HP : 085236971969

Tuhan memberkati.

 

Peneguhan Pendeta Atas Diri Pdt. Erny Stientje Sendow

Tanggal Buat: Thu, 14 Mar 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Sepanjang hari kita patut bersyukur dan berbahagia, terkhususnya pada hari Senin tanggal 11 Maret 2019 Bertempat di GKI Sangktah Solo kita boleh mendapatkan tambahan semangat baru untuk melayani Tuhan, yaitu seorang Pendeta Jemaat dalam diri Pdt. Erny Stientje Sendow. Kebaktian peneguhan pendeta ini dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB dengan mengangkat tema "Gracia : Hidupku Dalam Tanganmu" dan dilayani oleh Pdt. Lanny Sri Maryani. Dengan kehadiran seorang pendeta lagi di GKI Sangkrah, diharapkan GKI Sangkrah semakin diperlengkapi untuk melaksanakan tugas panggilan pelayanannya dengan wawasan yang semakin luas dan semakin maju.

Selamat untuk Majelis Jemaat GKI Sangkrah, kiranya kehadiran pendeta yang baru ini diterima dengan penuh sukacita dan dengan partisipasi aktif dari seluruh warga jemaat. Selamat juga kami ucapkan untuk Pdt. Erny Stientje Sendow yang pada hari ini telah diteguhkan dalam jabatan Pendeta GKI dengan basis pelayanan GKI Sangkrah. Selamat berkarya di ladang Tuhan, kiranya kehadiran Pdt. Erny Stientje Sendow menjadi berkat dan membawa angin segar pembaharuan; baik bagi GKI Sangkrah maupun gereja-gereja dilingkungan sekitar Solo.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Lokakarya Musik Gereja : 'Mengemas Himne Dalam Liturgi Minggu'

Tanggal Buat: Thu, 28 Feb 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Puji syukur boleh kita panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan berkat dan rahmat kepada kita semua, sehingga 
kita semua khususnya Komisi Ibadah dan Liturgi Departemen Pembangunan Gereja BPMSW GKI SW Jateng bersama-sama Majelis Jemaat GKI lingkup Sinode Wilayah Jateng dapat menyelenggarakan dan mengikuti acara Lokakarya Musik Gereja pada hari Jumat - Sabtu tanggal 22-23 Februari 2019 yang bertempat di Wisma Sejahtera, Magelang. Acara Lokakarya Musik Gereja ini diadakan sebagai tindak lanjut dari Bina dan 
Lokakarya Liturgi dan Musik Gerejawi yang diselenggarakan pada waktu sebelumnya. Acara lokakarya kali ini mengangkat tema "Mengemas Himne Dalam Liturgi Minggu", dan sasaran atau jangkauan di kalangan gereja GKI lingkup SW jateng yakni Para Pelayan liturgi dan Musik Gereja dengan tujuan supaya :
1. Para Pelayan liturgi mampu memahami lagu himne dan mengembangkan pelayan musik dan liturgi di jemaatnya.
2. Para Pelayan liturgi dan musik semakin kreatif berinovasi membawakan lagu himne dalam ibadah.

Lokakarya Musik Liturgi yang diadakan tahun 2019 ini terbagi menjadi 5 sesi materi yang dibawakan oleh Pdt. Angga Prasetyo dan 
Bp. Yosi Mahardika dari GKI Karangsaru, serta dibantu oleh 4 pemain musik dari Pemuda GKI Karangsaru. Puji Tuhan juga kita panjatkan bahwasanya acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun.
Lokakarya ini diikuti oleh 99 orang peserta dari 17 gereja di 8 klasis GKI lingkup SW Jateng, 4 panitia / pengurus komisi, 2 narasumber dan 4 pemusik.
Semoga dengan adanya Lokakarya Musik Gereja ini, Para Pelayan liturgi dan Musik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan tambahan tentang alat dan metode untuk membentuk, mengubah, merakit atau memperbaiki musik-liturgi agar dapat memperoleh kondisi yang lebih baik secara manfaat maupun keindahan dalam melayani di bidang liturgi dan musik di masing-masing jemaatnya nanti.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Temu Raya Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen 2019

Tanggal Buat: Mon, 04 Feb 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Puji syukur boleh kita panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberkati kita semua, sehingga pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2019 Komisi Pendidikan - DKP BPMSW GKI SW Jateng boleh mengadakan Temu Raya Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen yang berada dibawah naungan Sinode GKI SW Jateng di YPKI Semarang.Komisi Pendidikan menjadi wadah perjumpaan dan komunikasi Yayasan-Yayasan Sekolah Kristen di lingkup SW Jateng. 
semoga dengan adanya kegiatan Temu Raya Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen yang dihadiri oleh 27 Pengurus ini dapat menjadikan perkumpulan dan kebersamaan untuk kekuatan dalam memperkuat persatuan Yayasan - yayasan Pendidikan Kristen dalam meningkatkan mutu, kualitas dan dapat menjadi kekuatan dalam menghadapi tantangan pendidikan zaman ini.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.