GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Daftar Berita berdasar kategori Sinode

Persidangan XIII Majelis Sinode Wilayah (P XIII MSW) GKI SW Jateng

Tanggal Buat: Tue, 17 Sep 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Puji Syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah melimpahkan berkat dan rahmatNya kepada kita semua, sehingga Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah Masa Pelayanan 2015-2019 telah menyelenggarakan Persidangan XIII Majelis Sinode Wilayah GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah (P XIII MSW GKI SW Jateng) bertempat di Wisma Sejahtera, Magelang pada hari Selasa - Kamis, 10 - 12 September 2019. Tema Persidangan kali ini yakni  "Hidup Menggereja dengan Gembira" dimana landasan tema direfleksikan dari narasi Markus 13 : 1 - 11. Persidangan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini dihadiri oleh peserta persidangan dari BPMSW dan BPHM SW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2015-2019, utusan Majelis Klasis GKI Klasis lingkup SW Jateng (terdiri dari 8 klasis yakni Jakarta 1,Jakarta 2, Semarang Barat, Semarang Timur, Magelang, Yogyakarta, Solo dan Purwokerto), Dana Pensiun GKI, Lembaga Kesejahteraan GKI, Lembaga Pengelolaan Wisma Sejahtera, Yayasan Wisma Sejahtera, Yayasan Agung Sejahtera, PT. Mitra Damai Agung Sejahtera, Peninjau, Notulis dan Pandu Persidangan; serta juga lembaga kerjasama dan relasi diantaranya utusan / wakil dari YPTK Duta Wacana, YPTK Satya Wacana, serta tamu undangan (utusan dari Sinode GKJ, Sinode GKI Sumut).
Ibadah pembukaan persidangan dipimpin oleh beberapa pendeta GKI lingkup klasis Jakarta 1 yakni Pdt. Nathaniel Valentino Saleky dengan dilanjutkan Perjamuan Kudus, serta pelayan firman dilayankan oleh Pdt. Gatot Pujo Tamtama dan Pdt. Winner Pananjaya yang mengemas pelayanan firman melalui fragmen melalui tampilan Petruk dan Bagong (Punokawan). Dalam Ibadah Pembukaan juga didukung Paduan Suara oleh SD Kristen Krisna Efata-Gombong sebagai pengiring musik ibadah. Setelah Ibadah pembukaan, maka persidangan dilanjutkan dengan sambutan dari BPMK GKI Klasis Jakarta 1 sebagai Panitia Pelaksana Persidangan dan pembukaan persidangan oleh BPMSW GKI SW Jateng.
Dalam persidangan ini dibahas mengenai kompilasi hasil Persidangan Majelis Klasis atas materi-materi dari BPMSW GKI SW Jateng mengenai Laporan Program dan Evaluasi Pelayanan BPMSW GKI SW Jateng masa pelayanan 2015-2019. Persidangan ini juga membicarakan dan memutuskan kepengurusan BPMSW dan BPHM SW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2019-2023 sebagai kesinambungan kepemimpinan GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah dari BPMSW dan BPHM SW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2015-2019. 

Adapun Susunan BPMSW dan BPHM SW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2019 - 2023, yakni :

BPMSW GKI SW Jateng masa pelayanan 2019 - 2023
Ketua Umum :  Pdt. Yonatan Wijayanto 
Sekretaris Umum : Pdt. Henny Yulianti 
Wakil Sekretaris Umum : Pdt. Bonnie Andreas 
Bendahara 1 : Pnt. Robert Laoh 
Bendahara 2 : Pnt. Ima Listyawati 
Ketua Departemen Pembinaan Pejabat Gerejawi : Pdt. Edwart K. Tambunan 
Ketua Departemen Kesaksian dan Pelayanan : ( menyusul - dalam proses )
Ketua Departemen Pembangunan Gereja : Pdt. Paulus Kristian Mulyono 
Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan : Pnt. Budi Susanto 
Ketua Departemen Penatalayanan : Pnt. Michael A. R. Palandeng
Anggota :
1. Pdt. Rita Dwi Lestari (DPPG)
2. Pdt. Enos Bayu (DKP)
3. Pdt. Darmanto Lemuel (DPG)
4. Pdt. Hanindia Narendrata Rahiesa (DPP)
5. Pnt. Roni Herianto (Dep. Penatalayanan)

BPHM SW GKI SW Jateng masa pelayanan 2019 - 2023
1. Bp. Adi Budiarso
2. Ibu Ekowati Rahayu

Dalam pelayanan Ibadah Penutup dilayankan Pelantikan BPMSW dan BPHM SW GKI SW Jateng masa pelayanan 2019 - 2023. Pelayan Ibadah Penutup dari utusan GKI Klasis Semarang Barat, dengan pelayanan firman dan pelayan pelantikan adalah Pdt. David Nugrahaning Widi. Sebagai pengiring musik Ibadah Penutup yakni Grup Kentongan 'Larasing Kidung' GKI Martadireja, Purwokerto.

Kami mengucapkan terimakasih untuk BPMSW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2015-2019 atas pelayanannya selama 4 tahun, dan selamat datang, selamat melanjutkan karya pelayanan GKI SW Jateng kepada BPMSW GKI SW Jateng Masa Pelayanan 2019-2023.
Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada BPMK GKI Klasis Jakarta 1 dan kolaborasi dari perwakilan GKI Taman Cibunut, GKI Pasteur, GKI Arcamanik (sering disingkat sebagai GKI Cipasar) yang telah mendukung, merencanakan, mempersiapkan serta menyelenggarakan P XIII MSW GKI SW Jateng. Pun demikian segenap pihak dari Pengurus dan karyawan Wisma Sejahtera, karyawan Kantor SW GKI SW Jateng serta terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Selamat melayani dengan Berkat dan pertolongan Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan memberkati.

Pra Persidangan XIII MSW GKI SW Jateng 2019 - Pemuda GKI SW Jateng “Aku Senang Di GKI”

Tanggal Buat: Sat, 07 Sep 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Pemuda menjadi bagian tak terpisahkan dari GKI. Kehadiran mereka sangat dibutuhkan dalam pembangunan GKI khususnya di Sinode Wilayah Jawa Tengah.  Dengan dasar tersebut, sebelum Persidangan XIII Majelis Sinode Wilayah (P XIII MSW GKI SW Jateng) tahun 2019 dimulai, kawan-kawan pemuda dilibatkan untuk memberi masukan, serta harapan-harapan mereka untuk GKI.  Suara dan gagasan pemuda GKI menjadi penting untuk kemajuan dan pembangunan GKI.

Acara ini bertema “Aku Senang Di GKI” dengan tujuan menggali dan mengapresiasi hal baik di GKI, serta mengajak mereka untuk berkontribusi bagi pembangunan gereja. Kegiatan ini digagas oleh BPMSW GKI SW Jateng dibawah koordinasi Sekum BPMSW GKI SW Jateng bersama Departemen Pembinaan Jemaat. Bersama dengan tim (Pdt. Agus Wijaya, Pdt. Henny Yulianti, Pdt. Yonatan Wijayanto, Pdt. Bonnie Andreas, Pdt. Barmen B. Lumbantoruan, Pdt. Tunggul Barkat Gumelar, Pdt. Hendrikus A. Raharjo, Pdt. Enos Bayu S.) serta beberapa teman pemuda: Uut, Yafet, Eva, Imar & Arco) menyusun serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik pemuda supaya bisa memberi sumbangsih gagasan mereka. 

Pra P XIII MSW tahun ini dilaksanakan pada hari Jumat - Sabtu tanggal 30 - 31 Agustus 2019 di Rumah Retret Griya Sejahtera - Ngablak yang menawarkan keindahan alam dan suasana camping ground yang menyenangkan. Diikuti 53 peserta (pemuda dan pemudi GKI) dari 32 jemaat dan 8 klasis lingkup SW Jateng. Semua turut aktif dalam acara maupun diskusi-diskusi.
Diawali dengan Ibadah Pembuka yang dilayankan oleh Pdt. Agus Wijaya (Sekum BPMSW GKI SW Jateng).
Sebagai nara sumber yakni Pdt. Em. Samuel Santoso, Pdt. Bonnie Andreas, Pdt. Enos B. Setiadi, dan Pdt. Tunggul Barkat Gumelar. 

Kiranya  keterlibatan mereka sungguh-sungguh mewarnai kehidupan GKI.

Tuhan memberkati pelayanan kita semua

Persidangan XXIV Majelis Klasis (PXXIV MK) GKI Klasis Semarang Barat

Tanggal Buat: Thu, 11 Jul 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Atas Berkat dan Kasih Tuhan Yesus Kristus, Persidangan XXIV Majelis Klasis (PXXIV MK) GKI Klasis Semarang Barat terlaksana pada hari Jumat - Sabtu tanggal 5-6 Juli 2019 di Hotel Grand Candi Semarang dengan Jemaat penerima : GKI Beringin, Semarang. Persidangan dibuka dengan Ibadah Perjamuan Kudus dan Persembahan Nyanyian dari Anggota Jemaat GKI Beringin Semarang. Tema persidangan ini yakni : GKI : "Rumah" yang Ramah.

Dalam PMK GKI Klasis Semarang Barat ini selain dibahas laporan pelaksanaan program kerja dan rencana program kerja BPMK GKI Klasis Semarang Barat, juga membahas materi dari BPMSW GKI SW Jateng terkait Laporan Pelaksanaan Program Kerja dan Evaluasi dari BPMSW GKI SW Jateng beserta Badan Pelayanan masa pelayanan 2015 - 2019, juga laporan Lembaga Kerjasama GKI SW Jateng bersama Sinode GKJ.

Tak lupa tentunya bersama-sama mensharingkan pergumulan jemaat GKI lingkup Klasis Semarang Barat sebagai sebuah kebersamaan dalam keluarga besar GKI Klasis Semarang Barat. 

Semoga apa yang menjadi pembahasan dalam Persidangan Majelis Klasis Semarang Barat kali ini dapat menjadikan Jemaat-Jemaat GKI di Klasis Semarang Barat dapat bertumbuh lebih maju sesuai dengan panggilan dan Amanat Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan memberkati.

Ibadah Ucap Syukur 100 Tahun Yayasan Sekolah Guru Kristen (YSGK) Surakarta

Tanggal Buat: Thu, 27 Jun 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Puji Tuhan boleh kita panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan kita berkat, rahmat sehingga pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2019, Yayasan Sekolah Guru Kristen (YSGK) Surakarta boleh melaksanakan Ibadah syukur 100 tahun. Ibadah yang mengangkat tema "Rumangsa Melu Andarbeni, Wajib Melu Angrungkebi, Mulat Sarira Hangrasa Wani" ini dilaksanakan di Surakarta. 

Bermula dari semangat rakyat yang ingin menjadi guru pendidik sangat tinggi, tetapi sekolah - sekolah untuk mencetak tenaga guru sangat terbatas, maka Yayasan Sekolah Guru Kristen didirikan pada tahun 1919. Motif untuk pendirian YSGK ini ialah kepercayaan bahwa pendidikan yang baik akan benar-benar membantu perkembangan dan kemajuan suatu bangsa, dari motif inilah YSGK sampai saat ini dapat terus berdiri dan berperan serta memajukan bangsa ini melalui jalur pendidikan.

Kami selaku pengurus BPMSW GKI SW Jateng (diwakilkan oleh Pdt. Agus Wijaya untuk mengisi sambutan) mengucapkan selamat memasuki usia 100 tahun berdirinya YSGK, semoga dengan bertambahnya usia YSGK tetap jaya, dapat bertambah luas jangkauannya didalam pelayanan pendidikan, dapat meningkatkan mutu atmosfer akademik yang mendorong munculnya kreatifitas dan inovasi serta terjadinya team building dan team spirit sehingga dapat menciptakan guru yang bermutu dan berwawasan luas.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Temu Raya Remaja/ TRR GKI SW Jateng Tahun 2019

Tanggal Buat: Thu, 20 Jun 2019     oleh:
Kategori: Sinode

Shallom,

Komisi Remaja - DPG BPMSW GKI SW Jateng akan mengadakan Temu Raya Remaja/ TRR GKI SW Jateng Tahun 2019 pada :

Hari/ Tanggal : Senin - Rabu, 1 - 3 Juli 2019
Tempat : Griya Sejahtera, Ngablak
Tempat berkumpul dan Pendaftaran Peserta : Wisma Sejahtera, Jl. Menowosari 23-A, Magelang

Untuk keterangan lebih lanjut dan bagi Komisi Remaja GKI lingkup SW Jateng yang akan berpartisipasi dalam acara TRR ini dapat menghubungi kontak person yang tertera pada lampiran informasi berita berikut ini.

Terimakasih
Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.