GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
Daftar Berita berdasar kategori Gereja

Pelembagaan GKI Adisucipto, Yogyakarta : 1 Agustus 2018

Tanggal Buat: Thu, 02 Aug 2018     oleh:
Kategori: Gereja

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus bahwa setelah sekian lama menanti dan berproses akhirnya GKI kembali mendapat anugerah dari Tuhan melalui pelembagaan GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto menjadi GKI Adisucipto.

Bermula dari Ibadah Minggu di Hotel Quality pada tanggal 13 Juni 2004, Pos Pekabaran Injil (P.I.) Hotel Quality terus berjalan beberapa waktu lamanya, dan dalam perkembangan, serta berkat kasih dan anugerah Tuhan, Pos P.I. Adisucipto mendapatkan kesempatan untuk berubah menjadi GKI Gejayan Pos Jemaat Adisucipto pada momen pos P.I. berusia yang ke 10, tepatnya pada tanggal 14 Juni 2014.

Perkembangan lebih lanjut, setelah hampir 2 tahun menjadi Pos Jemaat, maka Majelis Jemaat GKI Gejayan mengupayakan peningkatan GKI Gejayan Pos Jemaat Adisucipto menjadi GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto, dan pada satu momen penting yakni tanggal 12 Februari 2016 GKI Gejayan Pos Jemaat Adisucipto ditingkatkan statusnya menjadi GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto melalui Ibadah Pelembagaan. 

GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto terus berkembang dari berbagai aspek, semua hal ini merupakan tuntunan dan anugerah Tuhan, dan setelah melalui berbagai proses dan tahapan maka pada hari Rabu, 1 Agustus 2018 - GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto dilembagakan menjadi GKI Adisucipto melalui Kebaktian Pelembagaan GKI Adisucipto.

Kebaktian Pelembagaan GKI Adisucipto dilayankan secara bersama Pendeta Agus Wijaya (BPMSW GKI SW Jateng) dengan para pendeta GKI Gejayan (Pendeta Paulus Lie, Pendeta Ratna Indah Widhiastuty, Pendeta Guratan Pamentasing Pragolaesa). Tema kebaktian pelembagaan ini yakni : "Bertumbuh Dalam Rancangan Damai Sejahtera Allah". 
Dalam kebaktian pelembagaan ini dilayankan peneguhan penatua, serta rangkaian dalam kebaktian ini juga dilakukan Penyerahan Piagam Pelembagaan Jemaat, Penandatanganan dan Penyerahan Berita Acara Serah Terima Anggota dan Harta Milik dari MJ GKI Gejayan kepada MJ GKI Adisucipto, dan Penyerahan Alkitab, Bejana Baptisan, Perangkat Perjamuan Kudus, dan Perangkat - Perangkat Kebaktian lainnya (Buku Nyanyian Kidung Jemaat dan Nyanyikanlah Kidung Baru, Kantong Persembahan). 

Selamat untuk GKI Adisucipto, selamat berproses dalam mengemban misi gerejawi (persekutuan, kesaksian, dan pelayanan) sesuai identitas GKI. 
Selamat untuk menjadi sebuah Jemaat yang Bertumbuh Dalam Rancangan Damai Sejahtera Allah.
Selamat juga untuk GKI Gejayan (Majelis Jemaat, Anggota Jemaat dan Simpatisan), dan juga GKI Klasis Yogya yang telah bahu-membahu berhasil mengantar GKI Gejayan Bakal Jemaat Adisucipto sampai pada tahap pelembagaan menjadi GKI Adisucipto.

Tuhan memberkati kita semua.

Amin.

Ibadah Peresmian GKI Peterongan Bakal Jemaat (Bajem) Pudakpayung, Semarang

Tanggal Buat: Fri, 09 Feb 2018     oleh:
Kategori: Gereja

Mari kita bersyukur kepada Tuhan Kita Yesus Kristus karena hanya oleh kasih dan anugerahNya sehingga pada hari Selasa, 6 Februari 2018, GKI Peterongan Bakal Jemaat Bajem Pudakpayung dapat menikmati suka cita dengan menyelenggarakan Ibadah Peresmian GKI Peterongan Bajem Pudakpayung. Ibadah Peresmian ini dilayani oleh Pdt. Jerdy Stevan dengan mengangkat tema "Bertumbuh Melanjutkan Amanat Agung" dengan bacaan terambil dari Matius 28: 19-20. Pada momen Ibadah Peresmian GKI Peterongan Bajem Pudakpayung ini, juga dilaksanakan pelantikan bagi Pengurus Badan Pimpinan GKI Peterongan Bajem Pudakpayung. 

Selamat bagi segenap Jemaat GKI Peterongan Bajem Pudakpayung beserta pengurus badan pimpinannya atas diresmikannya GKI Peterongan Bajem Pudakpayung, dan; Selamat juga untuk Para Pelayan Badan Pimpinan Bajem Pudakpayung atas pelantikannya. 

Semoga dengan adanya Peresmian GKI Peterongan Bajem Pudakpayung ini dapat semakin menguatkan semangat saling melayani dan mendukung penuh kasih, semakin bertumbuh di dalam Tuhan untuk melanjutkan amanat Agung-Nya. 

Tuhan memberkati.

Berita Duka : Kebakaran GKI Kebon Bawang - Bajem Gembrong, Jakarta (dh. GKI Gembrong)

Tanggal Buat: Sat, 09 Dec 2017     oleh:
Kategori: Gereja

Berita duka

Kami informasikan bahwa pada hari Jumat tanggal 8 Desember 2017 pukul 03.30 WIB dini hari telah terjadi kebakaran di Pasar Gembrong Lama, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat. Adapun penyebab sementara kebakaran ini diduga dikarenakan terjadinya arus pendek listrik (korsleting). 

Peristiwan kebakaran di Pasar Gembrong Lama ini menyebabkan api merambat dan menjalar ke Gedung GKI Kebon Bawang Bajem Gembrong (dh. GKI Gembrong). Kondisi gereja rusak parah, kerusakan paling parah terletak pada atap gereja yang hangus dan ambruk sehingga menyebabkan ruang utama gereja menjadi porak poranda.

Marilah kita bersama-sama mendukung dalam doa  dan kepedulian bagi masyarakat terdampak di lingkungan dan sekitar lokasi kebakaran, serta kepada segenap Jemaat GKI Kebon Bawang Bakal Jemaat Gembrong (dh. GKI Gembrong). 

Kiranya Tuhan menguatkan dan memberikan ketabahan serta penghiburan  supaya dalam masa duka, serta memberikan kelancaran dan anugerah- berkat atas berbagai upaya dalam memulihkan kondisi kehidupan masyarakat di sekitar Gembrong dan Jemaat GKI Kebon Bawang  Bakal Jemaat Gembrong (dh. GKI Gembrong), dan dalam upaya menata ulang, membangun dan memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak akibat peristiwa kebakaran ini.

 

Ibadah HUT GKI Ke - 29 : GKI Serpong Bersama GKI Gading Serpong : 27 Agustus 2017

Tanggal Buat: Thu, 31 Aug 2017     oleh:
Kategori: Gereja

Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan Yesus, karena pada tanggal 27 Agustus 2017, Gereja Kristen Indonesia / GKI boleh bertambah usia menjadi 29 tahun didalam melayani jemaatNYA. Dalam peringatan HUT GKI ke - 29 kali ini, GKI Serpong bersama dengan GKI Gading Serpong melaksanakan Ibadah Syukur bersama sekaligus meresmikan bakal pos (bapos) bersama di Perumahan Foresta, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Kerja sama dua gereja yang berbeda sinode wilayah (GKI Serpong masuk dalam Sinode Wilayah  Jawa Tengah dan GKI Gading Serpong masuk dalam Sinode Wilayah Jawa Barat) tidak menghalangi kerjasama diantara dua jemaat yang berdekatan. 

Sebab gereja didirikan di atas batu karang yang adalah Tuhan Yesus sendiri.  Perbedaan yang ada hendaknya menjadi pemersatu, agar kita saling menganggap yang lain lebih utama dari dirinya sendiri, itulah inti kotbah yang disampaikan oleh Pdt. Andreas Loanka dari GKI Gading Serpong dalam khotbah perdana di Bapos Foresta. ”Walaupun beragam, kita memiliki satu Tuhan, kita adalah satu tubuh, dan mengemban satu misi,” lanjutnya.
Ibadah yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan pemotongan pita dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan perjamuan kasih.

Ibadah dihadiri oleh pimipinan kedua jemaat yang bekerjasama; Ketua Majelis Jemaat GKI Gading Serpong,  Pnt. Pitaya dan Ketua Majelis Jemaat GKI Serpong, Pnt. Simon Subiyanto, dan jemaat berjumlah 168 orang serta anak sekolah minggu sejumlah 35 orang. 

Semoga kerjasama ini menjadikan penyatuan GKI semakin nyata di dalam melayani Jemaat, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya.

Tuhan memberkati.

Penahbisan Pendeta GKI Basis Pelayanan Jemaat GKI Salatiga atas diri Penatua Helen Ruth Manurung

Tanggal Buat: Tue, 08 Aug 2017     oleh:
Kategori: Gereja

Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, sehingga pada hari Senin sore tanggal 7 Agustus 2017, GKI Salatiga boleh menyelenggarakan Kebaktian Penahbisan Pendeta GKI Basis Jemaat GKI Salatiga atas diri Penatua Helen Ruth Manurung. Kebaktian Penahbisan ini dilayani oleh Pdt. Samuel Christiono. Tema kebaktian ini adalah "Panggilan Hidup Dalam Kebaikan Allah" dengan mengambil bacaan : kitab Roma 8 : 28. 

Pada Penahbisan Pendeta GKI Salatiga ini rupanya ada yang berbeda dari Kebaktian Penahbisan Pendeta yang sudah dilangsungkan pada kesempatan sebelum-sebelumnya, karena sebelum ini, GKI Salatiga sudah memiliki pendeta jemaat namun semua pendeta nya laki-laki, dan pada saat ini muncul sosok 'Kartini' yang ditahbiskan menjadi Pendeta GKI Salatiga. Kita sepatutnya terus bersyukur atas diselenggarakannya Kebaktian Penahbisan Pendeta atas diri Pnt. Helen Ruth Manurung. Sebuah tambahan harapan dan tambahan semangat untuk dapat terus lebih mengembangkan Jemaat GKI Salatiga, baik dari segi kualitas maupun kuantitas dengan tambahan dukungan berbagai kreativitas, inovasi dan mempergunakannya sebagai sarana pelayanan yang efektif serta dapat mengembangkan talenta pelayanannya, dan; Mengejawantahkan kasih Tuhan ditengah kehidupan pelayanan dan persekutuan Jemaat yang beragam.

Selamat untuk Pdt. Helen Ruth Manurung beserta keluarga, dan Selamat kepada seluruh Anggota, Simpatisan dan Majelis Jemaat GKI Salatiga yang telah melaksanakan Kebaktian Penahbisan Pendeta dengan lancar, baik dan dalam limpahan anugerah dan kasihNYA.
Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.