GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah

Login
Remember me
GKI Klasis Jakarta II

GKI Graha Raya Tangerang

Sejarah singkat

1. Pos Maharta 

PRA POS JURANGMANGU(1994-1996)

Ketika perkembangan daerah pemukiman di wilayah Tangerang mulai dihuni, maka banyak warga gereja yang terkendala ke gereja masing-masing karena jarak tempuh yang semakin jauh. Hal ini mendorong tumbuhnya Pos pelayanan di berbagai tempat. Demikian juga terjadinya pos pelayanan diwilayah Pondok Maharta, Pondok Aren, Tangerang.

Pertumbuhan Jemaat di bakal jemaat Pondok Maharta diawali dengan adanya Pos Maharta sekitar tahun 1994. Mula-mula kebaktian diadakan di rumah salah satu warga yaitu keluarga Heru Karbudiasto di jalan Nuri Raya Blok C 15 No. 20-21. Pada saat itu kebaktian hanya diikuti oleh beberapa keluarga anggota jemaat dan dari anggota jemaat berbagai gereja yang tinggal dilingkungan perumahan Pondok Maharta.

POS MAHARTA (1996-1999)

Pada bulan Oktober 1994 karena dirasakan adanya kebutuhan akan pelayanan sakramen Gereja, maka warga Kristen di Pondok Maharta kemudian meminta kesediaan dari GKI Bintaro Jakarta yang merupakan Gereja terdekat untuk dapat melayani secara tetap. Pada tanggal 26 Agustus 1996 kebaktian di Pondok Maharta diresmikan menjadi  GKI Bintaro Jakarta Pos Maharta.

2. POS GRAHA RAYA MAHARTA

Setelah mengalami perpindahan selama 2 kali yaitu bergabung dengan Pos Bintaro Jaya dan beberapa saat  di Jl. Wiru Komplek & Parung Serab. Mulai tanggal 3 Oktober 1999 kebaktian Pos Pondok Maharta menempati Ruko yang disewa selama dua tahun di Jl. Graha Raya Blok G.1 No. 11 Komplek Kebayoran Regency Tangerang.

Dimana nama Pos Pondok Maharta diubah menjadi Pos Graha Raya Maharta. Menjelang selesainya maka sewa dan dengan mempertimbangkan biaya yang ada, majelis jemaat GKI Bintaro Jakarta memutuskan untuk melakukan pembelian ruko di daerah  yang berdekatan dengan tempat ibadah semasa sewa yaitu Ruko di Jl. Graha Raya Boulevard, Ruko Cendana Loka Blok G10 No 6-6A Graha Raya BIntaro Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

3. GKI BAJEM GRAHA RAYA

Rencana Pelembagaan Jemaat

Pos Jemaat Graha Raya Maharta adalah wadah persekutuan, kesaksian, dan pelayanan Jemaat di wilayah Graha Raya dan sekitarnya yang diarahkan untukmenjadi Bakal jemaat. Oleh karena itu melihat perkembangan Pos Jemaat GKI Graha Raya Maharta selama lebih dari 9(Sembilan) tahun sejak pra Pos, dan telah terpenuhinya persyratan untuk menjadi Bakal Jemaat.

Maka setelah perlawatan dari Sinode Wilayah Jateng dan Klasis Jakarta II melaporkan ke dalam persidangan Sinode, Persidangan menyutujui Pos Graha Raya Maharta statusnya dinaikkan menjadi Bakal Jemaat Graha Raya Tangerang.

Pelantikan badan pimpinan Bakal Jemaat Graha Raya Tangerang diadakan pada tanggal 26 september 2004, dengan ketua bajem pertama, Pnt.Human Situmeang dan wakil ketua Pnt. Hendry Purba untuk pelayanan tahun 2004 s/d 2007. Karena pada tahun 2006 Pnt. Suman Situmeang  pindah ke Surabaya, maka ketua Badan Pimpinan Bajem diteruskan oleh Pnt. Hendry Purba.

Dengan melihat perkembaangan Bakal Jemaat Graha Raya Tangerang selama beberapa tahun, serta telah terpenuhinya persyaratan untuk menjadi jemaat, maka pada tahun 2011 Majelis Jemaat GKI Bintaro Jakarta memutuskan untuk mengajukan  permohona kepada Badan Pekerja Majelis Sinode untuk melembagakan bakal Jemaat Graha Raya Tangerang untuk menjadi Jemaat GKI Graha Raya Tangerang.

Pada Tanggal 29 Maret 2011 perlawatan dari Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah dan Badan Pekerja Majelis Klasis telah dilakukan, setelah mempertimbangkan Proposal yang dianalisa, persidangan memutuskan, agar Bajem Graha Raya diberi tambahan waktu dalam mempersiapkan pelembagaan.

Menyadari adanya beberapa kekurangan yang ada, melalui panitia pembangunan Bakal Jemaat GKI Graha Raya Tangerang, berkesempatan menyelesaikan terlebih dahulu pembangunan Ruang Ibadah dan melaksakan program Pembinaan yang tertunda.

Pada akhirnya setelah diadakan perlawatan kembali, Raker Majelis Sinode GKI, pada bulan November 2013 menyetujui permohonan pelembagaan, yang tertuang didalam surat Badan Pekerja Majelis Sinode GKI tertanggal 4 November 2013 dengan nomor surat :614/BPMS-GKI/XI/2013 hal persetujuan pelembagaan Bajem GKI Graha Raya menjadi GKI Graha Raya Tangerang.

Pra Pos 2 tahun, Pos Pelayanan 8 tahun dan Bajem hamper 10 tahun atau 20 tahun sudah, Majelis Jemaat GKI Bintaro Jakarta dengan suka dukanya mengembangkan basis pelayanan di wilayah Tangerang Selatan, sampai dengan di hari jumat, tanggal 13 Juni 2014, GKI Bintaro Jakarta,membidani lahirnya GKI Graha Raya Tangerang, yang dilembagakan dengan basis pelayanan di wilayah Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan dan sekitarnya.

 

 

 

Pendewasaan
13 Juni 2014
Jadwal ibadah
Umum07.00; 09.30
Anak09.30
Remaja07.00
Pemuda17.00 (Minggu II & Terakhir)

 

Kontak
  • Jl. Graha Raya Boulevard, Ruko Cendana Loka Blok G10 No. 6-6A Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang, Banten - 15324 Tangerang Selatan
  • (021) 53126588
  • gkigraharaya@gmail.com
Statistik Anggota Jemaat
SidiBaptisan
PriaWanitaPriaWanita
81914346
Total anggota jemaat 261
Pendeta Jemaat
  • Pdt. Nikodemus Eko Aiwanto
Bakal jemaat
    -
Pos
    -